Mengenal fitur view once di WhatsApp beta, kirim foto & video hilang setelah dibaca

Jumat, 02 Juli 2021 | 10:33 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mengenal fitur view once di WhatsApp beta, kirim foto & video hilang setelah dibaca

ILUSTRASI. Mengenal fitur view once di WhatsApp beta, kirim foto & video hilang setelah dibaca


WHATSAPP - Fitur view once telah tiba di WhatsApp versi beta. Apa fungsi fitur bernama view once tersebut? Yuk mengenal fitur view once di WhatsApp beta.

Seiring dengan berjalannya waktu, WhatsApp kembali kedatangan fitur baru. Demi meningkatkan privasi penggunanya, WhatsApp beta kedatangan fitur bernama view once.

Apa itu fitur view once? Mengutip dari WABetainfo, fitur view once memungkinkan pengguna WhatsApp mengirimkan file media (foto & video) ke orang lain tetapi hanya bisa dilihat satu kali saja.

Setelah foto atau video yang dikirimkan telah dilihat oleh penerima, pesan tersebut akan lenyap atau hilang. Si pengirim bisa mengetahui status pesan yang dikirimkan, kapan terkirim, kapan dilihat hingga mengetahui kapan pesan tersebut dibuka.

Fitur view once WhatsApp Beta

Foto atau video yang dikirimkan akan benar-benar hilang setelah penerima menutup pesan tersebut.

Fitur ini diharapkan dapat meningkatkan privacy pengguna WhatsApp. Sebab, tidak jarang sebagian orang ingin mengirimkan pesan yang hanya bisa dilihat satu kali saja demi menjaga privacy.

Baca Juga: Telegram akhirnya tambahkan fitur video call group, bisa berbagi layar juga

Perlu diketahui, apabila penerima pesan tidak mengaktifkan status pesan telah diterima atau dua centang biru, status pesan view once tetap bisa dilihat. Jadi pengirim tetap bisa melihat apakah pesan tersebut telah dikirim, dibuka hingga dilihat.

Fitur view once WhatsApp Beta

Apabila mengirimkan lewat grup, Anda masih bisa melihat status pesan view once yang dibaca anggota lain meskipun tidak mengaktifkan dua centang biru.

Meskipun Anda mengirimkan pesan lewat fitur view once dan penerima belum mengaktifkan fitur ini, penerima tetap hanya melihat pesan tersebut sekali saja. Pesan tersebut (foto atau video) tetap akan hilang ketika telah ditutup.

Sayangnya, fitur ini masih belum bisa mendeteksi apakah penerima mengambil screenshot pesan yang Anda kirimkan dengan mode view once. Ya, penerima tetap bisa mengambil screenshot meskipun pesan tersebut akan hilang setelah ditutup.

Perlu diketahui, fitur view once ini baru tersedia di WhatsApp versi beta. Jadi hanya pengguna WhatsApp versi beta saja yang bisa menjajal fitur ini untuk sementara ini.

Selanjutnya: Daftar game Android terbaru 2021, lengkap dengan link pre-register di Play Store

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru