Mengenal globalisasi: Pengertian, teori, serta dampak dari globalisasi

Jumat, 03 September 2021 | 14:34 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal globalisasi: Pengertian, teori, serta dampak dari globalisasi

ILUSTRASI. Mengenal globalisasi: Pengertian, teori, serta dampak dari globalisasi.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Mudahnya mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia merupakan salah satu dampak dari globalisasi. Namun, apakah Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Globalisasi, bersumber dari laman BBC, adalah suatu proses dimana dunia saling terhubung dengan adanya kegiatan perdagangan dan pertukaran budaya. 

Istilah tersebut berasal dari kata globe yang artinya dunia. Seiring berkembangnya teknologi, negara-negara di dunia saling terhubung dan informasi bisa tersampaikan dengan cepat. 

Dalam proses globalisasi, batasan-batasan seperti jarak, ekonomi, hingga budaya bisa dilalui dengan baik. 

Proses globalisasi tersebut menimbulkan berbagai dampak baik dampak positif maupun negatif di berbagai bidang seperti ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Baca Juga: Tips melamar kerja untuk fresh graduate, dari waktu hingga hari terbaik mengirim CV

Teori dan faktor pemicu globalisasi

Berbagai ahli memberikan pengertian tentang apa itu globalisasi. Beberapa teori globalisasi, merangkum dari emodul Sosiologi Kemendikbud Ristek, diantaranya:

  • Martin Albrow: Globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggul, komunitas global dengan lokasi lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya. 
  • Achmad Suparman: Globalisasi merupakan suatu proses yang menjadikan suatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah. 
  • Anthony Giddens: Globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya.
  • Selo Soemardjan: Globalisasi merupakan suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.
  • Laurence E. Rothemberg: Globalisasi adalah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan, dan pemerintah dari negara yang berbeda.

Globalisasi tidak serta merta tersebar begitu saja, ada berbagai faktor yang menyebabkan globalisasi bisa berkembang pesat. Dari berbagai banyak faktor, ada penyebab utama dari globalisasi diantaranya:

1. Perkembangan teknologi informasi
2. Perkembangan sistem transportasi
3. Majunya bisnis ekonomi
4. Kerjasama ekonomi internasional
5. Konflik antar negara berkurang.
6. Sumber Daya Alam (SDA) yang berkurang.

Baca Juga: Ini cara mengajukan jadwal ulang tes SKD CPNS 2021 bagi peserta positif Covid

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru