Mengenal hujan meteor Draconid, yang puncaknya terjadi tepat malam ini

Jumat, 08 Oktober 2021 | 12:19 WIB Sumber: CNET
Mengenal hujan meteor Draconid, yang puncaknya terjadi tepat malam ini

ILUSTRASI. Mengenal hujan meteor Draconid, yang puncaknya terjadi tepat malam ini.


KONTAN.CO.ID - Puncak hujan meteor Draconid terjadi tepat malam ini. Fenomena hujan meteor Draconid bisa Anda saksikan tanpa menggunakan alat bantu, cukup dengan mata telanjang.

Bila Anda salah satu orang yang menyukai hal-hal berbau astronomi, sepertinya tidak boleh melewatkan fenomena yang satu ini. Hujan meteor Draconid mencapai puncaknya tepat hari ini, Jumat, 8 Oktober 2021.

Daftar Isi

Sebelum itu, tahukah Anda tentang meteor Draconid? Namanya terlihat keren, bukan? Apakah ada kaitannya dengan dragon alias naga? 

Gambar hanya ilustrasi: Hujan meteor Perseid

Baca Juga: Inilah fenomena Astronomi yang terjadi sepanjang pekan pertama Oktober 2021

Tentang hujan meteor Draconid

Draconid merupakan meteor sisa dari potongan puing-puing komet 21P/ Giacobini-Zinner. Komet tersebut memiliki orbit enam setengah tahun panjang yang berkala membawanya dekat dengan planet Jupiter.

Mengutip dari Cnet, nama Draconid diberikan kepada meteor ini karena tampak memancar keluar dari arah konstelasi Draco the Dragon di langit malam.

Kapan hujan meteor Draconid mencapai puncaknya?

Menurut Pusat Riset Sains Antariksa Lapan lewat akun resmi Instagram resminya (@pussainsa_lapan), hujan meteor Draconid aktif sejak 6 Oktober lalu. Tapi, puncaknya terjadi pada 8 Oktober pada pukul 16.00 WIB.

Puncak hujan meteor Draconid bisa Anda saksikan dengan mata telanjang, tanpa menggunakan bantuan alat.

Bagaimana cara melihat hujan meteor Draconid?

Mengutip dari Cnet, puncak hujan meteor Draconid ini dapat Anda saksikan malam hari di lokasi yang minim atau bahkan tanpa polusi cahaya. Dengan kondisi langit yang cerah, dan pemandangan kosmos yang terbuka, di situlah lokasi yang tempat untuk menyaksikan fenomena tersebut.

Tidak mudah, Anda harus bersabar memperhatikan langit malam di sekitar untuk menemukan di mana posisi terjadinya hujan meteor Draconid tersebut.

Hujan meteor Draconid akan sulit diamati dari bagian belahan Bumi Selatan. Beberapa orang yang mungkin tinggal di wilayah tersebut dan ingin melihat hujan meteor Draconid sepertinya akan kesulitan.

Nah, apakah Anda sudah siap untuk menyaksikan puncak hujan meteor Draconid malam ini?

Selanjutnya: Bukan sembarang objek, benda langit ini dikatakan sebagai asteroid sekaligus komet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru