Mengenal Jenis Telur Ayam yang Ada di Pasaran, Ada Telur Ayam Kampung dan Omega 3

Jumat, 23 September 2022 | 15:24 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Mengenal Jenis Telur Ayam yang Ada di Pasaran, Ada Telur Ayam Kampung dan Omega 3

ILUSTRASI. Ilustrasi Jenis Telur Ayam. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Telur ayam yang dijual di pasaran memiliki jenis yang berbeda-beda, mulai dari warna cangkang, kandungan gizi, hingga harganya. Jenis telur ayam ini dibedakan dari kandungan nutrisi maupun jenis ayam yang menghasilkan telur tersebut.

Telur sebagai bahan pangan merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki citarasa yang lezat dan bergizi tinggi. 

Daftar Isi

Di Indonesia, telur ayam adalah salah satu sumber protein hewani yang paling sering dikonsumsi lantaran harga relatif murah dan mudah diperoleh. 

Sehingga, saat harga telur ayam bergerak naik masyarakat akan kebingungan untuk mencari protein hewani pengganti. Lantas, apa saja jenis telur ayam yang ada di pasaran?

Baca Juga: Moms, Ini Perbedaan Protein Hewani dan Nabati yang Perlu Diketahui

Mengenal jenis telur ayam yang dijual di pasaran 

Jenis Telur Ayam

Dirangkum dari laman Indonesia Baik, berikut adalah jenis-jenis telur ayam yang dijual di pasaran: 

1. Telur ayam negeri

Ciri telur ayam negeri yang dijual di pasaran yakni cangkang berwarna kecoklatan dan permukaan sedikit kasar ketika diraba. Kemudian, bagian kuning telur berwarna cerah dengan putih telur lebih encer karena kadar air yang cukup tinggi.

Kandungan nutrisi satu butir telur ayam negeri adalah 12,5 gram protein, 10 gram lemak, 1 gram karbohidrat, dan 150 kalori. 

Baca Juga: Daftar 8 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dan Baik Dikonsumsi Saat Diet

2. Telur ayam kampung

Ciri khas telur ayam kampung yakni cangkangnya berwarna putih cenderung krem atau putih dan berukuran kecil. Kuning telur ayam kampung berwarna oranye dengan putih telur kental. 

Kandungan nutrisi telur ayam kampung antara lain vitamin E-nya dua kali lebih banyak dibandingkan telur ayam negeri. Selain itu, kandungan nutrisi dalam 100 gram telur ayam memiliki 13 gram protein, 10 gram lemak, 150 kalori, dan 1,5 gram karbohidrat.

3. Telur omega 3 

Terakhir, telur ayam yang beredar di pasaran adalah telur omega 3. Ciri khas telur omega 3 adalah cangkangnya tidak mudah pecah. 

Kemudian, kuning telurnya berwarna lebih pekat dan besar. Kandungan omega 3 atau asam lemaknya pun lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam biasa. 

Baca Juga: Ada Daging Sapi & Bawang Putih, Berikut Harga Pangan yang Naik Hari Ini, Rabu (21/9)

Dikutip dari Kompas.com (6/9/2020), tingginya kadar omega 3 pada telur tersebut diperoleh dengan cara memberi pakan yang tinggi kandungan omega 3 pada ayam penghasil telur. Ini bertujuan agar kandungan omega 3 yang ada pada pakan, bisa terserap oleh telur.

Jika seseorang mengonsumsi banyak telur biasa, maka kuning telurnya yang tinggi akan lemak kolesterol bisa berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun, kandungan lemak jahat atau kolesterol pada kuning telur omega 3 sudah tergeser oleh kandungan lemak omega 3 yang sangat tinggi.

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis telur yang ada di pasaran. 

Selanjutnya: Indika (INDY) Berkongsi dengan Foxconn Dirikan Usaha Patungan Mobil Listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru