Otomotif

Mengenal ‘Kari’ Kotak Aman Bus Rosalia Indah untuk Menyimpang Barang Berharga

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 19:49 WIB Sumber: Kompas.com
Mengenal ‘Kari’ Kotak Aman Bus Rosalia Indah untuk Menyimpang Barang Berharga

ILUSTRASI. Kerugian Pengusaha Transportasi: Petugas memeriksa bus di Tangerang Selatan, Rabu (13/5). Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengkalkulasi jika seluruh angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) tidak beroperasi selama musim mudik lebaran, akan hilang pemasukan sekitar Rp 10,5 triliun. KONTAN/Baihaki/13/5/2020


BISNIS TRANSPORTASI - JAKARTA. Isu keamanan dalam bus malam sudah menjadi pembicaraan yang tak kunjung usai. Lengah sedikit, barang bawaan kita bisa hilang begitu saja.

Untuk mengatasinya, perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah menawarkan fasilitas baru untuk menunjang keamanan barang penumpang selama perjalanan. Fasilitas ini diberi nama Kari yang merupakan singkatan dari kotak aman Rosalia Indah. Wujudnya, kotak hitam, berfungsi seperti berangkas untuk penyimpanan barang berharga penumpang supaya aman selama perjalanan. 

Adimas Rosdian, Direktur PT Rosalia Indah Transport mengatakan, fasilitas ini baru percobaan dan belum resmi dilengkapi pada semua bus PO Rosalia Indah.  Alasan ini kemudian menjawab mengapa muncul banyak pertanyaan, salah satunya karena relatif jarang terlihat oleh penumpang. 

Ketika Kompas.com menjajal salah satu bus tingkat PO Rosalia Indah dengan nomor lambung 130, ternyata menemukan Kari di depan kabin. Tepatnya di ruangan khusus kru bus, dekat kursi pengemudi dan pramugari. 

Baca Juga: Tak Perlu Macet-Macetan Di Mobil, Ini Tarif & Rute Bus JRC Dari Bekasi Ke Jakarta

Yofie Aganovic, Asisten Menager Pemasaran PO Rosalia Indah mengatakan, fasilitas ini ada untuk penumpang lebih nyaman dan aman selama perjalanan. 

"Kari ini bisa digunakan untuk titip ponsel, laptop, tablet atau barang beharga lainnya untuk di titip ke kru bus sehingga selama perjalanan bisa lebih aman," katanya kepada Kompas.com, Jumat (30/8/2024).

Fasilitas ini sangat berguna bagi penumpang yang sedang bepergian menggunakan bus sendirian. Sehingga saat akan tidur bisa minitipkan barang berharga ke fasilitas Kari dengan menghubungi awak bus. Boks hitam tersebut akan dijaga oleh awak bus yang bertugas. Serta dilengkapi dengan kunci yang hanya bisa dibuka dan tutup oleh awak bus. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ulas Fasilitas Kotak Aman Milik Bus Tingkat Rosalia Indah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/31/084200415/ulas-fasilitas-kotak-aman-milik-bus-tingkat-rosalia-indah.
 

Selanjutnya: Mengintip Bonus Atlet Paralimpiade Paris 2024, Bagaimana Indonesia?

Menarik Dibaca: Cara Praktis untuk Kulit Terlindungi dan Makeup yang Flawless

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih

Terbaru