Mengenal Struktur Anatomi Gigi, Fungsi, serta Jenis-Jenis Gigi

Rabu, 31 Agustus 2022 | 16:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal Struktur Anatomi Gigi, Fungsi, serta Jenis-Jenis Gigi

ILUSTRASI. Mengenal Struktur Anatomi Gigi, Fungsi, serta Jenis-Jenis Gigi.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Salah satu elemen penting dalam sistem pencernaan manusia adalah gigi. Gigi memiliki struktur anatomi, jenis, serta fungsi yang berbeda tiap jenisnya.

Makanan yang sudah dihancurkan oleh gigi akan lebih mudah dicerna oleh lambung dan organ pencernaan lainnya. 

Bersumber dari Healthline, gigi merupakan salah satu bagian tubuh terkuat yang dimiliki manusia. Gigi terbentuk dari beragam protein seperti kolagen dan mineral seperti kalsium.  

Mari simak lebih lanjut informasi tentang gigi manusia di bawah ini, mulai dari struktur, fungsi, dan cara merawat kesehatan gigi.

Baca Juga: Mengenal Kehidupan Perekonomian pada Masa Kerajaan Sriwijaya

Struktur gigi manusia

  • Mahkota gigi

Bersumber dari Web MD, bagian ini merupakan bagian terluar dari gigi dan dapat dilihat dengan jelas. Mahkota gigi terdiri dari beberapa bagian yaitu

1. Enamel yang merupakan bagian terluar dan paling keras dari gigi. Bagian ini biasanya berwarna putih dan berfungsi sebagai pelindung jaringan gigi. Enamel terbuat dari kalsium dan fosfat. 

2. Dentin atau tulang gigi terletak di bawah enamel. Bagian ini merupakan jaringan yang mengandung tabung kecil. Dentin melindungi gigi dari panas dan dingin. 

Anatomi gigi manusia

  • Leher gigi

Leher gigi berada diantara mahkota dan akar gigi dan terlindungi oleh gusi. Bagian dari leher gigi terdiri dari sumsum gigi 

Sumsum gigi merupakan bagian paling lembut dari bagian gigi lainnya. Bagian ini mengandung pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak. 

Baca Juga: 20 Sekolah Terbaik di Jateng Tahun 2022 Versi LTMPT, SMA Pradita Dirgantara Nomor 1

  • Akar gigi

Bagian paling akhir dari struktur gigi adalah akar gigi. Bagian ini terhubung dengan tulang leher dan menjaga gigi tetap pada tempatnya. Akar gigi terdiri dari beberapa bagian yang diantaranya:

1. Semen yang merupakan jaringan ikat yang berfungsi untuk mengikat akar gigi pada gusi dan tulang rahang. 

2. Periodontal ligament, jaringan yang terbentuk dari jaringan ikat dan serat kolagen. Bagian ini membantu gigi terikat kuat pada tulang rahang. 

Gigi susu dan gigi dewasa

Ada dua jenis gigi yang dimiliki oleh manusia yaitu gigi susu dan gigi dewasa. Gigi susu merupakan gigi yang dimiliki oleh anak-anak sebelum diganti dengan gigi permanen atau gigi dewasa.

Jumlah gigi susu pada anak-anak, bersumber dari Healthline, adalah 20 buah yang terdiri dari 4 gigi seri, 2 gigi taring, dan 4 gigi geraham. 

Gigi susu akan tanggal atau copot seiring bertambahnya usia dan diganti dengan gigi dewasa atau permanen. Jumlah gigi dewasa lebih banyak dari gigi susu. Orang dewasa memiliki sebanyak 32 gigi yang terdiri dari:

  • 8 Gigi seri
  • 4 Gigi taring
  • 8 Gigi geraham depan
  • 12 Gigi geraham belakang, termasuk juga 4 gigi geraham bungsu. 

Gigi geraham bungsu akan tumbuh antara umur 17-25 tahun. Karena tumbuh belakangan, terkadang geraham bungsu tumbuh dan menabrak gigi geraham yang lain. Tindakan operasi menjadi pilihan untuk mencabut gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak teratur. 

Baca Juga: Pendaftaran Lowongan Kerja Magang di Pertamina Group 2022 Dibuka, Ini Syaratnya

Fungsi gigi manusia

Setiap bagian gigi manusia memiliki fungsinya masing-masing. Secara umum, gigi berfungsi sebagai salah satu organ pencernaan manusia.

Gigi membantu menghaluskan makanan agar mudah dicerna oleh lambung. Gigi juga membantu saat kita berbicara. Tanpa adanya gigi, kita akan kesulitan mengucapkan kata-kata. 

  • Gigi seri

Gigi seri terletak di bagian terdepan susunan gigi manusia. Bentuk gigi ini seperti kampak yang bagian luarnya tajam. 

Struktur gigi seri tersebut membantu fungsinya untuk menggigit dan memotong makanan.

  • Gigi taring

Tepat di sebelah gigi seri terdapat gigi taring. Seperti namanya, gigi ini berbentuk seperti taring yang tajam. Fungsi dari gigi taring adalah merobek makanan.      

  • Gigi geraham

Gigi ini terletak di bagian terbelakang susunan gigi sehingga kita perlu membuka mulut terlebih dahulu untuk melihatnya. 

Gigi geraham berbentuk lebar dengan permukaan yang sedikit bergelombang. Fungsi dari gigi geraham adalah menghancurkan dan menggiling makanan. 

Makanan yang sudah digiling dan menjadi lebih lembut memudahkan lambung untuk menyerap dan mencerna makanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru