Wisata

Menikmati keindahan Kampung Laut Enggros lewat festival Teluk Humboldt 2019

Jumat, 02 Agustus 2019 | 15:43 WIB Sumber: Kompas.com
Menikmati keindahan Kampung Laut Enggros lewat festival Teluk Humboldt 2019

KONTAN.CO.ID - Papua tidak hanya memiliki kawasan Raja Ampat sebagai destinasi wisata andalan. Pulau di ujung timur Indonesia ini ternyata memiliki banyak kekayaan alam dan budaya lain. Salah satunya Kampung Laut Enggros di Teluk Youtefa.

Lokasi kampung Laut Enggros berada di antara Tanjung Pie dan Saweri, serta dipisahkan dari daratan Papua oleh Selat Tobati. Kampung ini merupakan permukiman warga yang mengapung di atas laut.

Baca Juga: Mengelola hutan dan menciptakan peluang bagi waga Papua

Ada sekitar 160 kepala keluarga yang mendiaminya. Di sana, konektivitas antar rumah warga dihubungkan dengan jeramba. Kampung itu pun memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti vila terapung, gazebo, balai adat, dan berbagai tempat budidaya ikan.

Keindahan Kampung Laut Enggros semakin lengkap dengan hadirnya Jembatan Holtekam atau biasa disebut Jembatan Merah. Jembatan sepanjang 732 meter itu menjadi landmark baru Papua.

Selain itu, Teluk Youtefa memiliki Gunung Mher yang eksotis. Gunung ini dipercaya sebagai tempat hunian roh leluhur mereka. Di kawasan sama, terdapat pula Goa Mher yang dikeramatkan.

Festival teluk humboldt Seluruh keindahan Kampung Laut Enggros itu akan ditampilkan ke wisatawan lewat ajang Festival Teluk Humboldt 2019 yang akan digelar 5-7 Agustus 2019 mendatang.

Editor: Noverius Laoli

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru