Tokoh

Menkop UKM Apresiasi Buku "Cah Ndeso Menjadi CEO", Dorong UMKM Naik Kelas Hingga IPO

Senin, 23 September 2024 | 23:49 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Menkop UKM Apresiasi Buku

ILUSTRASI. Direktur Utama PT Sari Kreasi Boga Tbk (SKBFood) Eko Pujianto meluncurkan buku “Cah Ndeso Menjadi CEO: Membawa UMKM Naik Kelas Hingga IPO”


CEO - JAKARTA. Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, memberikan apresiasi terhadap peluncuran buku berjudul "Cah Ndeso Menjadi CEO: Membawa UMKM Naik Kelas Hingga IPO".

Buku ini diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk berwirausaha, dalam rangka menyongsong visi Indonesia Emas 2045. Buku yang menceritakan perjalanan hidup Eko Pujianto, Direktur Utama PT Sari Kreasi Boga Tbk (SKBFood), telah resmi diluncurkan dan tersedia untuk umum sejak akhir pekan lalu.

Baca Juga: SKB Food (RAFI) Tawarkan Bisnis Kemitraan dan Lisensi Mulai Rp 28 Juta di JCC Senayan

Teten, yang diwakili oleh Asisten Deputi UKM Kemenkop UKM, Ali Maskur, menyampaikan bahwa buku ini bisa menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM untuk naik kelas hingga mampu mencatatkan perusahaan di Bursa Efek Indonesia (IPO).

"Inspirasi yang diberikan melalui buku ini adalah langkah penting sebagai bagian untuk menyongsong Indonesia Emas 2045," ujar Teten saat acara peluncuran buku di Gramedia Matraman beberapa waktu lalu.

Teten berharap semakin banyak generasi muda, khususnya para pelaku UMKM, yang terinspirasi dan termotivasi untuk mengembangkan bisnis mereka.

"SKBFood berawal dari UMKM, kemudian mampu naik kelas hingga akhirnya IPO. Ini membuktikan bahwa siapa pun, dengan latar belakang apa pun, dapat berkembang dan maju," tegasnya.

Baca Juga: Perkuat Produksi dan Bisnis Hilir, SKBFood Tambah Dua Lini Bisnis Tahun Ini

Eko Pujianto, tokoh utama dalam buku ini, menjelaskan bahwa kisah hidupnya dibukukan dengan harapan dapat memotivasi banyak orang. Buku ini ditulis oleh Rochmad Widodo, seorang penulis biografi sejumlah tokoh politik dan bisnis. 

"IPO SKBFood pada Agustus 2022 adalah peristiwa monumental, baik bagi saya secara pribadi maupun bagi perusahaan. Ini adalah hasil dari usaha besar dan proses panjang, terutama karena perusahaan kami berangkat dari UMKM," jelas Eko.

Eko, yang masuk dalam daftar CEO Termuda *Forbes 30 Under 30 Asia 2023*, berharap kisah hidupnya dapat memotivasi pemuda di desa untuk mengejar mimpi sukses. Sebagai langkah konkret, Eko dan penulis sepakat mendonasikan hasil penjualan buku untuk kegiatan sosial, terutama mendukung kemajuan pemuda di pedesaan.

"Semoga buku ini bisa menginspirasi pemuda, terutama di desa, untuk lebih percaya diri dan berani berwirausaha. Mereka memiliki peluang yang sama untuk maju, apa pun latar belakangnya," tuturnya.

Baca Juga: Sari Kreasi Boga (RAFI) Sebar Dividen Perdana Rp 1 Miliar

Senada dengan Menkop UKM, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah juga meyakini bahwa buku ini dapat memberikan manfaat bagi pemberdayaan UMKM di masa depan. 

“Kehadiran buku ini dapat menambah inspirasi, ide, dan gagasan bagi siapa pun yang ingin berkontribusi positif bagi pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Bersama-sama, kita bisa mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, menjadikan Indonesia sebagai negara maju yang sejahtera, dengan pengusaha yang kreatif dan inovatif,” ungkap Ida dalam pernyataan tertulisnya.

Peluncuran buku ini diharapkan menjadi salah satu tonggak penting dalam memacu semangat wirausaha, khususnya di kalangan pemuda Indonesia, menuju ekonomi yang lebih kuat dan berdaya saing.

Selanjutnya: GLOBAL MARKETS-Stocks Inch Higher, Euro Dips; Focus on Fed Comments, Data

Menarik Dibaca: Daftar Rekomendasi Sayuran dalam Pot Cocok Ditanam di Bulan September

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru