Menonton televisi yang kian interaktif

Senin, 30 Januari 2012 | 11:25 WIB Sumber: Harian KONTAN, 30 Januari 2012
Menonton televisi yang kian interaktif

ILUSTRASI. Asing melego saham-saham ini saat IHSG menguat, Rabu (10/2)


Mengapa harus Smart TV? Dengan kategori baru dari jenis flat panel display ini, orang yang gemar berselancar di internet akan mendapatkan kepuasan lebih dengan Smart TV. TV pintar ini mewakili kemampuan sebuah televisi untuk berinteraksi dengan penggunanya melalui konten dan layanan internet.

Melalui Smart TV, Anda dimungkinkan mengunduh aplikasi yang diinginkan, seperti halnya dalam fungsi smartphone, Iphone, atau perangkat dengan sistem Android. Sebab, Smart TV juga bisa mengakses pelbagai konten yang bisa kita nikmati melalul layar yang lebih besar.

Erwin Lim, Visual Manager PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, produk baru Smart TV yang dimiliki Panasonic yang akan meluncur tahun ini, Viera Connect Smart TV memiliki tampilan yang lebih tipis dan ringkas (slim), sekaligus elegan, serta konektivitas yang tinggi. "Koneksi internetnya bisa Youtube, Yyspace, Twitter, Skype, dan Facebook," katanya.

Product Manager Flat Panel Display PT LG Electronics Indonesia, Eko Adhi Suyitno mengatakan, sejatinya teknologi Smart TV memang memberikan kemudahan pengguna dalam berselancar di internet. "Tidak ada spesifikasi khusus dalam pengembangan Smart TV. Tapi, kami akan update hardware sehingga kinerjanya bisa maksimal," katanya.

Eko bilang, Smart TV bakal berfungsi selayaknya personal computer (PC). Karena itu, supaya bisa berselancar di dunia maya dengan cepat, memori atau prosesornya harus berkualitas tinggi.

Saat ini, LG memiliki produk unggulan Smart TV tipe LV3730. Selain itu, juga ada SmartTV LG seri LW5700 dan seri LW6500 Cinema 3D. "Kami telah mengembangkan aplikasi khusus bertajuk K-pop Zone, yang berisi konten-konten khusus seputar grup musik asal korea (K-pop)," jelas Eko.

Eko bilang, semester dua tahun ini, para konsumen Smart TV LG bakal menikmati layanan video on demand. "Kami sedang mempersiapkan konten baru. Tapi, untuk sekarang, senjata kami di pasar adalah aplikasi K-pop Zone," ujarnya.

Sementara itu, Panasonic masih fokus pada Smart Viera HDTV dan Bluray Disc Player yang memberikan pengalaman menonton tv menjadi kuat dan interaktif. "Tujuan kami dengan pengembangan produk Smart TV adalah harapan bisa mengubah pengalaman menonton televisi menjadi lebih interaktif," ujarnya.

Fitur terbaru yang ditawarkan Smart TV Panasonic antara lain Viera Remote App version 2.0. Dengan fitur ini, pengguna bisa memanfaatkan smartphone atau perangkat komputer tablet sebagai remote control.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru