Menpora belum dapat memastikan kapan kompetisi olahraga nasional mulai lagi

Jumat, 15 Mei 2020 | 20:08 WIB Sumber: BolaSport
Menpora belum dapat memastikan kapan kompetisi olahraga nasional mulai lagi


OLAHRAGA - JAKARTA. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, belum bisa memastikan kelanjutan kompetisi olahraga nasional di tengah pandemi Covid-19 atau virus Corona. Dikutip BolaSport.com dari Kompas.com, Zainudin Amali mengatakan bahwa gugus tugas Covid-19 sudah memberikan saran kepada pihaknya perihal kelanjutan kompetisi.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyebutkan harus ada persiapan protokol kesehatan seperti rapid dan swab test jika kompetisi olahraga akan dimulai kembali. Namun, Zainudin belum bisa memutuskan apapun di saat Indonesia masih berjuang memutus penyebaran rantai Covid-19.

Baca Juga: Ini 5 kementerian/lembaga yang anggarannya ditambah paling banyak tahun 2021

"Ada saran untuk menerapkan rapid dan swab test, tetapi kita lihat seberapa permintaannya akan disampaikan ke gugus tugas," kata Zainudin.

"Gugus tugas sudah menyampaikan saran, seperti menggelar pertandingan tanpa penonton atau kewajiban melakukan swab dan rapid test untuk pemain dan staf. Namun, klub belum merespons," tutur dia melanjutkan.

Semua kompetisi olahraga nasional ditangguhkan sejak Maret 2020. Sejak saat itu, para atlet melakkan latihan mandiri di rumah masing-masing. Hingga saat ini hanya ada sedikit cabang olahraga yang masih melanjutkan aktivitas latihan di pelatnas, di antaranya angkat besi, bulu tangkis, dan menembak.

Program latihan itu juga dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang diberlakukan selama masa pandemi virus Corona. "Kami sudah menyampaikan protokol keolahragaan kepada para pengurus cabor, organisasi, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga di berbagai provinsi. Kami juga perbarui sesuai dengan perkembangannya," ujar dia.

Baca Juga: Seri pembuka MotoGP akan berlangsung 17 Juli di Sirkuit Jerez, Spanyol

"Silakan tetap berlatih tetapi harus mematuhi protokol kesehatan. Untuk bulu tangkis, saya sudah mewanti-wanti agar para atlet yang sudah di dalam pelatnas tidak boleh keluar dan ada orang yang menjenguk," tutur Zainudin Amali.

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Menpora Belum Bisa Pastikan Kapan Kompetisi Olahraga Nasional Mulai Lagi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru