kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Menu nasi kapau tak pernah bikin galau


Jumat, 28 Juni 2019 / 17:49 WIB

Menu nasi kapau tak pernah bikin galau

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bagi Anda penggemar masakan khas Sumatra Barat, pasti pernah mendengar tentang nasi Kapau. Ini adalah nasi rames khas Nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Ingin tahu di mana ada nasi Kapau yang enak? Jika Anda berdomisili di sekitar wilayah Pamulang atau Ciputat, Tangerang, Banten, coba sesekali arahkan kendaraan Anda ke pertokoan Pamulang Permai yang berada di Jalan Raya Siliwangi, Pamulang.

Di kawasan pertokoan ini, ada salah satu kedai nasi Kapau yang patut Anda singgahi dan cicipi menu masakannya untuk berbuka puasa. Nama kedainya Nasi Kapau Tanjung Baru.

Tak sulit untuk menuju kedai Nasi Kapau Tanjung Baru. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi , dari arah Jalan terminal MRT Lebak Bulus, terus saja ke jalan Ciputat Raya. Dari situ lanjutkan perjalanan Anda menuju Universitas Pamulang (Unpam). Nah, kawasan pertokoan Permai persis di hadapan kampus Unpam tersebut. Atau di sebelah sisi kiri Kantor Polsek Pamulang, Tangsel.

Tidak berbeda dengan rumah makan khas Minang lainnya, kedai Nasi Kapau Tanjung Baru juga mudah dikenali. kedai ini memajang berbagai menu masakan khas Minang di etalase kaca. Ruangan di dalam kedai juga didesain khas rumah makan ala Minang.

kedai Tanjung Baru berdiri di atas lahan 6 (lebar) x 18 meter. Bangunan kedai ini berlantai dua. Di lantai satu kedai ini, ada sekitar sembilan meja makan. Di tiap meja itu terdapat 4-6 kursi.

Suasana berbeda terlihat di lantai dua kedai ini. Sebab, semua meja makan di lantai dua terbuat dari kayu yang didesain rendah untuk lesehan. Ada sekitar enam meja lesehan di lantai dua. Dus, Anda bisa memilih tempat yang Anda sukai sambil menikmati seporsi nasi Kapau.

Tak perlu waktu lama untuk bisa menikmati hidangan kedai ini. Tinggal memesan menu yang diinginkan, tak sampai 5 menit, menu pesanan sudah mendarat di meja Anda.

Menu favorit

Menurut Monti Novel, pemilik kedai Tanjung Baru, kedainya menjajakan nasi Kapau sejak tahun 2000. Menu favorit yang dicari pelanggan di kedai ini gulai gajebo dan gulai tambunsu, kata pria kelahiran Jambi, 50 tahun silam itu. Dus, Tabloid KONTAN pun mencoba memesan salah satu menu favorit kedai ini, yaitu gajebo.

Sepintas, bentuk gajebo tidak berbeda dengan tetelan yang kerap kita lihat di jajanan bakso. Hanya saja bedanya, gulai gajebo khas nasi Kapau berbentuk potongan besar sekira tiga jari orang dewasa. Gulai gajebo di kedai Tanjung Baru dibanderol Rp 19.000 per potong. Itu belum termasuk nasi yang seporsi Rp 7.000.

Gulai gajebo disajikan menggunakan piring kecil, lengkap dengan kuahnya. Kuah gulainya tidak terbuat dari olahan santan, tapi disajikan dengan kuah asam pedas. Begitu potongan gajebo masuk ke mulut, Anda akan merasakan sensasi lezatnya kuah gulai berpadu lembutnya tekstur gajebo. Rasanya pas di mulut.

Jika Anda tidak suka menu gajebo atau tambunsu, Anda bisa pesan menu lainnya. Novel bilang, kedainya menyediakan sekitar 40 item menu masakan yang bisa dipilih pelanggan. Sebut saja, misalnya, menu dari olahan daging ayam.

Anda bisa memilih menu ayam goreng, ayam pop, ayam bakar, atau ayam gulai. Untuk semua item menu daging ayam dibanderol Rp 16.000 per potong.

Dan, Anda juga harus mencoba ayam bakar khas racikan kedai Tanjung Baru. Sama seperti menu khas Minang, ayam bakar di kedai ini dilumuri berbagai rempah, mulai dari cabe, kemiri, kandis, bawang merah, jahe, dan santan, berpadu menjadi satu dan menghasilkan cita rasa yang sangat khas. Aroma dan rasa ayam bakarnya berasal dari proses pembakarannya yang menggunakan batok kelapa dan arang.

Ada pula menu dari daging atau jeroan sapi seperti rendang, daging cincang, dendeng basah dan dendeng kering, gulai tunjang, limpa dan lainnya. Untuk menu dari bahan daging sapi ini dibanderol berkisar Rp 17.000Rp 25.000 per porsi.

Anda lebih suka menu ikan? Jangan khawatir. kedai Tanjung Baru juga menyediakan aneka masakan berbahan dasar ikan, mulai dari belut goreng yang dibanderol Rp 16.000 per porsi, cumi isi telur Rp 35.000 per porsi, dan kepala ikan kakap Rp 60.000 per porsi. Bagi Anda yang suka pedas, bisa pesan sambal cabai hijau yang rasanya benar-benar khas.

Untuk pemuas dahaga, Anda bisa memesan aneka minuman panas dan dingin yang disediakan kedai ini. Misalnya, air mineral kemasan botol 300 mililiter yang dibanderol Rp 6.000, dan aneka minuman jus buah seperti jus belimbing, jambu, alpukat, nanas, terong belanda, mangga hingga buah naga. Segelas jus rata-rata Rp 17.000.

Novel mengklaim, dalam sehari, kedainya bisa menjual sekitar 1.500 porsi nasi Kapau beserta lauknya. Untuk memenuhi pesanan sebanyak itu, kedainya bisa menghabiskan 75 kilogram (kg) beras, ayam 150 ekor, daging sapi 50 kg, telur 45 kg dan aneka bahan menu lainnya.

Anda mau tahu omzet kedai Tanjung Baru? Sekitar Rp 25 juta sampai Rp 30 juta per hari. Marjin kotornya sekitar 50%, kata ayah tiga orang anak itu. Dan itu, baru dari satu kedai, lo. Sebab, Novel juga punya satu kedai nasi kapau lainnya di bilangan BSD, Tangerang.

Anda tertarik mencicipi nasi kapau khas Tanjung Baru? Sekadar mengingatkan, pada bulan Ramadan ini, kedai Tanjung Baru dibuka pada jam tiga sore hingga 10 malam. Namun, pada hari-hari biasa di luar bulan puasa, kedai ini buka dari jam 9 pagi sampai 10 malam.
 
Bumbu dan koki jadi kunci

Pernahkah Anda memperhatikan, tidak semua kedai atau restoran nasi padang itu memakai embel-embel nama nasi Kapau? Ya, kendati sama-sama menawarkan menu masakan khas Sumatera Barat, sejatinya kedai nasi Padang dan Nasi Kapau memiliki perbedaan. Sedikitnya, ada dua perbedaan mendasar antara kedai nasi Padang dan nasi Kapau.

Menurut Monti Novel, pemilik kedai Nasi Kapau Tanjung Baru, nasi Kapau memiliki menu yang jauh lebih lengkap ketimbang kedai nasi Padang. Dan, dari aneka kudapan yang ditawarkan tersebut, ada beberapa menu khas yang disediakan kedai nasi Kapau.

Beberapa di antaranya yakni gulai gajebo dan gulai tambunsu yang tidak akan Anda temukan di kedai atau restoran nasi Padang. Gulai gajebo merupakan menu makanan yang terbuat dari olahan lemak punuk sapi (sandung lamur) yang dilumuri kuah gulai. Sedangkan gulai tambunsu berasal dari usus sapi yang diisi telur dan tahu.

Lalu, jika kedai nasi Padang memakai sayur buncis atau daun singkong sebagai pelengkap hidangan, menu sayuran nasi Kapau dilengkapi lobak, nangka dan kacang panjang. Kuah gulainya berwarna kuning, tidak terlalu kental santannya dan sedikit asam.

Menurut Novel, kelezatan rasa menu di kedainya terletak pada bahan bumbu pilihan. Semua bahan bumbu dipilih yang masih segar dan kami racik sendiri, tidak beli jadi di pasar. Kami punya mesin giling bumbu sendiri. Koki kedai kami juga berpengalaman di menu masakan Kapau, katanya.

Nama kedai

Nasi Kapau Tanjung Baru

Alamat

Blok SH11, Jl. Pamulang Raya No.12, Pamulang, Banten 15417

Koordinat GPS: -6.343205, 106.733782


Reporter: Dikky Setiawan

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0012 || diagnostic_api_kanan = 0.0022 || diagnostic_web = 0.2287

Close [X]
×