Menu nusantara untuk kolega dan keluarga

Sabtu, 23 Juni 2018 | 14:55 WIB   Reporter: Fransiska Firlana
Menu nusantara untuk kolega dan keluarga


0 - JAKARTA. Rempah Wangi merupakan salah satu restoran yang menyajikan makanan khas nusantara yang cukup lengkap. “Semua yang ada di buku menu itu, ready,” ujar Oktalisa, Operational Manager Restoran Rempah Wangi. Ada olahan ikan, cumi, udang, ayam, bebek, dan sapi. Ada juga aneka sayuran seperti urap, gado-gado, tumis kangkung, atau cah pare. Semua diolah dengan citarasa Indonesia.

Misalnya bebek bengil, ayam bekakak, ayam taliwang, ayam bakar sambal matah, dan masih banyak lagi. Sajian berkuahnya pun komplit. Seperti sop asem-asem iga, sop buntut garang asem, sop kimlo, dan soto bogor. Tak hanya menu yang lengkap, citarasanya pun juara. Tak heran bila artis kenamaan seperti Ussy Sulistiawaty, Lidya Kandou, dan Naysila Mirdad pun kepincut makan di restoran ini.

Salah satu menu yang banyak dipesan adalah sop asem-asem iga. Sajian berkuah ini disaji dalam mangkok berdiameter 15 centimeter (cm). Isiannya ada irisan tomat hijau yang berlimpah, cabai rawit setan warna kuning orange yang utuh, dan irisan belimbing sayur. Potongan daging sapi berwarna coklat kemerahan ramai berenang diantaran irisan sayuran itu. Lemak dagingnya menjadikan kuah sop itu mengkilat. Sangat menggoda.

Saat kuahnya disendok dan menyentuh lidah, sensasi asam langsung menyeliputi indra perasa. Segar. Dagingnya pun ketika digigit empuk sekalipun potongannya cukup besar. Kuahnya sungguh meresap pada dagingnya. Sensasi asam itu terasa sampai ke dalam daging.

Sop ini paling cocok dipadukan dengan nasi putih dan emping melinjo. Selain ada sensasi asam, sop ini ada citarasa manis yang ditimbulkan. Jadi, meskipun di meja disajikan irisan jeruk dan kecap, sop ini tak perlu ditambahi perasan jeruk atau kecap. Sebab, citarasa asam dan manisnya sudah terasa.

Selain sop asem-asem iga, menu ayam sambal matah di resto ini juga menjadi menu yang laing banyak dipesan pembeli. Ada enam potong ayam berukuran sedang dengan warna coklat kehitaman yang mengkilat bertabur bawang goreng tersaji di piring. Disandingkan dengan irisan cabai rawit hijau dan merah, bawang merah, irisan daun jeruk yang diguyur minyak. Sambal matah, demikian sebutannya.

Ayamnya diolah dengan cara dibakar. Rasanya manis dan gurih. Cocok sekali dengan nasi hangat. Biar lidah makin bergetar, cocok si ayam dengan sambal matahnya. Wuih, pedasnya menggigit.

Sebagai obat kepedasan, Anda bisa menyeruput es rempah wangi, minuman dengan aroma sereh yang menyegarkan. Atau es hijau daun yang memiliki sensasi rasa sayur dengan citarasa manis, asam, dan segara. Harga minuman ini Rp 25.000 untuk rempah wangi dan Rp 30.000 untuk es hijau daun. Sedangkan harga sop asem-asem iga Rp 65.000 dan ayam sambal matah Rp 60.000 per porsi.

 

Rempah Wangi

Jl. Fatmawati No. 29

Cilandak, Jakarta Selatan

(021-7509168)

Koordinat GPS:

-6.2818946,106.7964581,15z

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Fransiska Firlana

Terbaru