Menyaksikan langsung ikan Louhan seharga ratusan juta

Jumat, 28 September 2018 | 13:02 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Menyaksikan langsung ikan Louhan seharga ratusan juta

ILUSTRASI. Pameran Ikan Louhan


KOMUNITAS - JAKARTA. Jika Anda menyukai atau bahkan menggemari ikan Louhan, tidak ada salahnya untuk mampir ke Trade Mall (TM) Seasons City. Mall di kawasan Jakarta Barat ini tengah ada pameran dan lomba ikan Louhan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pencinta Louhan Indonesia.

Nelson, panitia Perhimpunan Pencinta Louhan Indonesia mengatakan, pameran dan lomba ikan Louhan yang diselenggarakan ini merupakan yang ketiga kali di tahun 2018 ini.

Rutinnya pameran ini digelar ditujukan sebagai wadah bagi para pemilik ikan Louhan untuk memperlihatkannya kepada masyarakat luas. Sebab ikan Louhan merupakan jenis ikan hias yang memang jarang ditemui.

“Louhan berbeda dengan ikan hias lainnya, setiap ekor punya keunikan tersendri, mulai dari bentuk hingga warnanya yang berbeda-beda. Jadi kalau lihat ikan Louhan yang satu dan lainnya pasti punya keindahan masing-masing,” kata Nelson dalam keterangannya, Jumat (18/9).

Di pameran yang menempati lokasi di lantai LG Blok B Mall Seasons City ini di ikuti oleh ratusan ikan. Peserta pameran pun datang dari berbagai penjuru Indonesia. “Khusus yang mengikuti lomba, jumlahnya ada 328 ekor,” katanya.

Nelson menjelaskan, penilaian berdasarkan besaran kepala ikan, bentuk kepala ikan, warna serta berat badan yang proporsional.

Menurutnya, banyak peserta yang antusias menunggu ajang itu. Karena memelihara ikan louhan merupakan hobi yang mengasyikkan, meski bisa mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah per bulan.

Tidak heran jika Louhan menjadi salah satu ikan yang memiliki nilai jual mahal. Bahkan menurut Nelson, ada satu ekor ikan yang nilainya mencapai Rp 100 juta dan telah mendapatkan 3 penghargaan di tingkat internasional di berbagai negara.

“Ada juga yang harganya Rp 80 juta dan ikan lainnya yang nilainya juga tidak jauh berbeda,” ujarnya.

Mualim Wijoyo, General Manager Seasons City mengaku senang dengan adanya pameran dan lomba ikan Louhan di mall-nya tersebut.

Menurutnya, Seasons City merupakan mall selalu siap dalam memfasilitasi kegiatan-kegiatan positif, terutama yang mengangkat tema kebudayaan dan pariwisata, seperti pameran ikan Louhan ini.

“Pameran ini bisa menjadi nilai tambah bagi pengunjung Seasons City yang rata-rata adalah keluarga. Jadi selain berbelanja, mereka bisa sambil melihat-lihat indahnya liukan ikan Louhan yang harganya fantastis,” kata Mualim.

Mualim mengatakan, saat ini rata-rata pengunjung yang datang ke Seasons City jumlahnya mencapai 40.000 orang per hari pada hari biasa dan 60.000 orang pada saat weekend.

“Dengan jumlah pengunjung yang cukup besar itu, maka indahnya ikan Louhan yang dipamerkan dapat dilihat oleh banyak orang,” ujarnya.

Selain pameran ikan Louhan, TM Seasons City aktif menggelar berbagai event menarik lainnya.  Sebelumnya, TM Seasons City juga menggelar GO-Food Festival 2018, Seasons City Wedding Fair, hingga Tambora Run 5K 2.0 saat menyambut kemeriahan pesta olahraga Asian Games 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru