Mercedes-Benz Luncurkan Dua Model Mobil Listrik di Indonesia, Segini Harganya

Kamis, 08 Desember 2022 | 20:28 WIB   Reporter: Dimas Andi
Mercedes-Benz Luncurkan Dua Model Mobil Listrik di Indonesia, Segini Harganya

Peluncuran mobil listrik Mercedes-Benz EQE.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) resmi menghadirkan lini kendaraan listrik pertamanya di Indonesia, Mercedes-EQ, melalui peluncuran dua model terbarunya yaitu the new EQS dan the new EQE.

Acara peluncuran Mercedes-EQ diadakan di Mercedes EQ-SPACE, Senayan City yang akan terbuka untuk kunjungan masyarakat luas selama satu bulan dari tanggal 9 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Mercedes-EQ mencerminkan kemewahan progresif dan menjadi lini kendaraan full electric pertama dari Mercedes-Benz. Mercedes-EQ berawal dari sebuah brand teknologi baru dari Mercedes-Benz yang kemudian berkembang menjadi sub brand milik Mercedes-Benz, karena Mercedes-Benz menyadari pentingnya kendaraan listrik untuk masa depan mobilitas.

Secara global, Mercedes-Benz AG telah menanamkan investasi lebih dari € 10 miliar untuk pengembangan Mercedes-EQ. Konsep kendaraan listrik dari Mercedes-Benz pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 dan model pertama dari lini Mercedes-EQ diluncurkan pada tahun 2018.

Baca Juga: Penjualan Mobil Listrik China di Bulan November Mencapai Rekor Baru

Hingga saat ini, Mercedes EQ terus menunjukkan perkembangan yang pesat. Terbukti, pada 9 bulan pertama tahun ini, lebih dari 215.000 unit Mercedes EQ telah berhasil terjual di seluruh dunia.

Choi Duk Jun, President Director Mercedes-Benz Distribution Indonesia mengatakan, Mercedes-Benz sangat mementingkan keberlanjutan, sehingga pihaknya memiliki visi menghadirkan rangkaian kendaraan bebas emisi. Visi ini dikenal sebagai Mercedes-Benz Ambition 2039, di mana Mercedes-Benz berambisi mencapai karbon netral pada tahun tersebut.

Di akhir dekade ini, Mercedes-Benz berusaha untuk sepenuhnya memproduksi dan memasarkan kendaraan listrik di lokasi-lokasi yang memungkinkan. Lini Mercedes-EQ merupakan wujud nyata dari Ambition 2039 dan pihak MBDI sangat senang akhirnya lini kendaraan listrik ini hadir di Indonesia.

"Kami telah menghadirkan dua model pertama dari lini Mercedes-EQ di Indonesia yaitu the new EQS yang tersedia dalam dua varian, antara lain EQS 450+ AMG Line dan EQS 450+ Electric Art, serta the new EQE 350+ Electric Art. Kedua kendaraan ini akan membuka jalan untuk hadirnya model-model Mercedes-EQ lainnya di Indonesia,” jelas Choi Duk Jun dalam siaran pers yang diterima Kontan, Kamis (8/12).

Sebagai informasi, The new EQS merupakan pionir dari generasi kendaraan yang baru yakni fully electric, fully digital, dan uncompromisingly luxurious. Model ini menjadi kendaraan listrik pertama dalam kelas mobil mewah dan setara dengan Mercedes-Benz S-Class.

Melalui desain eksterior, garis yang lebih minim, dan transisi halus pada body yang terlihat aerodinamis, The new EQS dilengkapi dengan baterai yang memiliki daya sebesar 107,8 kWh sehingga mampu menghasilkan jarak tempuh yang luar biasa.

Dengan satu kali pengisian baterai hingga penuh, kendaraan ini dapat menempuh jarak 770 km atau setara jarak terjauh di antara kendaraan listrik mana pun di dunia dengan konsumsi daya listrik WLTP 20,4-15,7 kWh per 100 km.

Sementara itu, The new EQE 350+ Electric Art adalah wujud progresif dari kendaraan executive saloon dan dilengkapi dengan fitur-fitur esensial yang tersedia pada model EQS.

The new EQE menggunakan baterai yang terletak di bagian bawah kendaraan yang memiliki daya untuk jarak tempuh 660 km dengan satu kali pengisian baterai. Konsumsi daya listrik dari the new EQE WLTP adalah 18,7-15,9 kWh per 100 km. The new EQE juga dikenal sebagai kendaraan business saloon dengan desain sporty.  

Hari Arifianto, Deputy Director Sales Operation & Product Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia menambahkan, setelah melewati proses persiapan yang mendalam, termasuk mempersiapkan diler-diler resmi dengan infrastukur dan perlengkapan yang dibutuhkan, MBDI akhirnya bisa menghadirkan model kendaraan listrik Mercedes-EQ di Indonesia.

Sama seperti kendaraan Mercedes-Benz lainnya, MBDI menyediakan Best-Customer-Experience untuk setiap pemilik the new EQS dan the new EQE, dengan layanan 5 Year Star Service dan 2 Year Star Tire Serta 10-Year HV Battery Warranty untuk memberikan ketenangan lebih bagi pemilik kendaraan Mercedes-EQ. "Kami optimis lini Mercedes-EQ akan disambut baik oleh para pelanggan,” ujar dia.

The new EQS dan the new EQE sudah tersedia di diler resmi Mercedes-Benz dengan rekomendasi harga off the road senilai Rp 3.410.000.000 untuk EQS 450+ AMG Line, lalu Rp 2.984.000.000 untuk EQS 450+ Electric Art, dan Rp 2.215.000.000 untuk the new EQE 350+ Electric Art.

Baca Juga: Citroën Rilis Tiga Model Baru di Indonesia, Salah Satunya Mobil Listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru