Micin bisa menyuburkan tanaman, begini cara penggunaannya

Sabtu, 14 November 2020 | 13:53 WIB Sumber: Kompas TV
Micin bisa menyuburkan tanaman, begini cara penggunaannya

ILUSTRASI. Pedagang merawat tanaman hias di Bursa tanaman Hias Permata Buana, Sawangan , Depok, Selasa (3/11). Micin alias penyedap rasa ternyata bisa untuk menyuburkan tanaman.


TANAMAN HIAS - Micin alias penyedap rasa atau monosodium glutamat (MSG) ternyata bisa untuk menyuburkan tanaman.

Sebagian orang mungkin kaget mendengarnya, dan tak yakin bila micin memiliki manfaat baik bagi tanaman. Tapi, itu memang kenyataan.

Micin baik untuk kesuburan tanaman yang ada di pekarangan rumah, seperti tanaman pangan, buah, tanaman hias bunga, dan tanaman lainnya yang terdapat di polybag.

Mengutip video YouTube Tanaman Rumah via Kompas.com, Sabtu (14/11), selain menyuburkan, micin juga bermanfaat untuk mencegah daun rontok, mempercepat tumbuhnya bunga, membuat daun hijau dan segar, serta memperkuat akar tanaman.

Terdapat alasan mengapa micin bisa baik untuk pertumbuhan tumbuhan.

Baca Juga: 5 Jenis Monstera yang populer di masyarakat, termasuk janda bolong

Aglonema Suksom Laris Manis di Aceh Besar

Irfan, pegiat tanaman dalam video tersebut, mengatakan, terdapat kandungan micin yang berpengaruh untuk kesuburan tanaman.

"Micin atau MSG memiliki kandungan kalium dan natrium, yang mana kandungan tersebut baik buat pertumbuhan tanaman," jelas Irfan.

Sebelum mengaplikasikan micin ke tanaman untuk pertumbuhan yang subur, selayaknya pemilik tanaman sudah melakukan perawatan secara baik dan benar.

Tips micin untuk menyuburkan tanaman

Untuk menyuburkan tanaman menggunakan micin terdapat dua metode, yakni disemprot dan dikocor alias menyiram bagian bawah tanaman.

Baca Juga: Booming tanaman hias di masa pandemi, ada yang harganya puluhan juta

  • Cara disemprot

Untuk cara disemprot, Anda perlu menyiapkan alat penyemprot tanaman berukuran 2 liter atau lebih, 2 liter air, dan micin.

Masukkan 2 liter air ke alat penyemprot tanaman. Lalu, masukkan micin sebanyak 8 gram atau sekitar setengah sendok makan lebih. Larutkan air dan micin hingga merata.

Setelah selesai, semprotkan larutan air dan micin pada tanaman yang belum memiliki bunga dan buah. Lakukan penyemprotan tanaman menggunakan larutan micin di pagi hari.

"Larutan air micin membuat daun jadi lebih hijau dan segar serta merangsang daun untuk menumbuhkan bunga jadi lebih cepat. Untuk melakukan penyemprotan ini bisa dilakukan minimal 5 hari sekali dan lakukan secara rutin," kata Irfan.

Baca Juga: Penjualan janda bolong meroket, ini kata penjual tanaman hias

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru