Microsoft boyong anti virus bawaannya Windows Defender ke HP Android

Selasa, 01 September 2020 | 11:20 WIB   Penulis: Arif Budianto
Microsoft boyong anti virus bawaannya Windows Defender ke HP Android

ILUSTRASI. Microsoft boyong anti virus bawaannya Windows Defender ke HP Android


APLIKASI ANDROID - Bikin HP Android makin aman, anti virus bawaan Windows, yakni Windows Defender sudah tersedia di PlayStore. Tak perlu lagi takut aplikasi berbahaya atau virus yang menyerang HP Android, Anda bisa install sekarang juga.

Sebagai informasi tambahan, Android merupakan sistem operasi sumber terbuka (open source). Membuat ekosistem dan perkembangan aplikasi di Android begitu pesat. Termasuk ratusan bahkan jutaan aplikasi Android yang Anda temui di PlayStore.

Baca Juga: Hati-hati! Segera hapus 6 aplikasi Android berbahaya ini di HP Anda

Tidak semua aplikasi aman di install pada HP Android Anda. Beberapa aplikasi bisa dikatakatan berbahaya jika disuntikan malware atau fungsi tertentu yang merugikan penggunanya tanpa diketahui.

Berangkat dari situ Microsoft akhirnya boyong anti virus bawaan Windows, yakni Windows Defender ke Android. 

Mengutip dari Android Police, versi Android-nya bernama Microsoft Defender Advanced Threat Protector (ATP). Fungsinya tentu saja melindungi HP Android penggunanya,dari ancaman pencurian data pribadi, malware hingga situs berbahaya.

Berdasarkan deskripsi Microsoft Defender ATP di Google PlayStore, aplikasi anti virus ini masih dalam tahap "Preview". Artinya belum memasuki tahap final yang siap dipakai oleh seluruh penggunanya.

Microsoft masih berusaha untuk menyempurnakan Windows Defender versi Android ini.

Sayangnya tidak semua pengguna HP Android bisa menggunakan Microsoft Defender ATP ini. Meski Anda sudah menginstallnya sekalipun, Microsoft Defender ATP memerlukan lisensi khusus.

Lisensi yang dimaksud adalah lisensi Microsoft 365 E5 yang masih bisa digunakan. Lisensi tersebut umumnya digunakan oleh perusahaan tertentu dengan biaya langganan Rp 547.400 per bulan.

Meski demikian, kehadiran Windows Defender versi Android sudah menjawab rasa kekhawatiran ancaman siber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru