Gadget

Microsoft menyalurkan update Windows 10, bagaimana dampaknya kepada pengguna?

Rabu, 04 September 2019 | 14:10 WIB Sumber: Kompas.com
Microsoft menyalurkan update Windows 10, bagaimana dampaknya kepada pengguna?

ILUSTRASI. Logo Microsoft

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pekan lalu, Microsoft menyalurkan update Windows 10 versi KB4512941. Pembaruan bertanggal 30 Agustus yang memperbarui OS Build menjadi 18362.329 ini memperbaiki sejumlah masalah, namun sekaligus membawa masalah baru. 

Sejumlah pengguna Windows 10 melaporkan penggunaan sumber daya komputer mengalami peningkatan setelah memasang update itu, khususnya oleh asisten digital Cortana yang mendadak jadi “rakus” daya. 

Process SearchUI.exe yang digunakan oleh Cortana bisa memakan sumber daya CPU hingga 40%, berikut memori di kisaran 100 MB hingga 200 MB. Dampaknya, kinerja komputer pun bisa berkurang dan baterai cepat habis. 

Microsoft belum memberi pengumuman ataupun perbaikan soal sumber daya komputer ini. Untuk sementara, update yang bermasalah bisa dihapus (uninstall). 

Namun, apabila ingin mempertahankan pembaruan tersebut, ada upaya perbaikan yang bisa ditempuh dengan mengoprek salah satu entry di registry Windows, tepatnya HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Search. 

Kemudian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WCCF Tech, Rabu (4/9), cari BIngSearchEnabled dan ubah nilainya menjadi “1”. Masih belum jelas kenapa update kali ini mengubah kelakuan Cortana sehingga menjadi rakus sumber daya. 

Masalah tersebut konon sudah pernah dilaporkan oleh para peserta program Windows Insider ke Microsoft, tapi tak ditanggapi. (Oik Yusuf)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Update Windows 10 Bikin Cortana Jadi “Rakus”"


Editor: Yoyok


Terbaru