Microsoft paksa beberapa user Windows 10 install aplikasi yang tidak mereka inginkan

Senin, 19 Oktober 2020 | 13:21 WIB Sumber: Engadget,Engadget
Microsoft paksa beberapa user Windows 10 install aplikasi yang tidak mereka inginkan

ILUSTRASI. Microsoft paksa beberapa user Windows 10 install aplikasi yang tidak mereka inginkan


WINDOWS 10 - Microsoft membuat beberapa user Windows 10 geram. Pasalnya tiba-tiba saja laptop mereka yang menggunakan Windows 10 dipaksa restart kemudian muncul aplikasi baru yang tidak diinginkan.

Sebagian dari kalian pasti menggunakan laptop atau komputer dengan sistem operasi (OS) Windows 10. OS terbaru buatan Microsoft ini memang sudah banyak digunakan di berbagai laptop maupun komputer.

Bahkan ketika kalian membeli laptop baru pasti sudah sepaket dengan Windows 10. Sebagai OS terbaru dari seri Windows, Windows 10 memang menghadirkan tampilan dan fitur yang keren.

Windows 10 kembali menghadirkan fitur Start Menu yang menjadi ciri khasnya. Tidak seperti Windows 8 yang Start Menu-nya penuh satu layar, meski sempat diperbaiki di Windows 8.1.

Namun demikian Windows 10 bisa dibilang penyempurnaan dari seri terdahulunya khususnya Windows 8 dan 8.1. Meski belum bisa menyaingi kepopuleran Windows 7, perlahan Windows 10 mencoba untuk menandingi popularitasnya.

Sayangnya tidak semua user Windows 10 senang menggunakan OS tersebut. Apalagi ketika Windows 10 mendapatkan update, beberapa user hampir selalu mengeluhkan terkait hal tersebut.

Pasalnya dilaporkan beberapa user merasa kesal karena dipaksa restart dan tiba-tiba terinstall aplikasi yang tidak mereka inginkan.

ILUSTRASI: Windows 10

Dalam laporan Engadget.com, beberapa user dilaporkan dipaksa melakukan restart PC atau laptop mereka demi menginstall Office versi web. Kerap kali update Windows 10 hadir secara tiba-tiba. Tanpa kita sadari terkadang update-nya tidak membenahi masalah, justru mendapatkan masalah baru.

Menurut user yang mendapatkan update tersebut, mereka mengeluhkan bahwa aplikasi tersebut terinstall tanpa izin. Artinya Microsoft tanpa sepengetahuan atau izin dari user Windows 10 terinstall aplikasi Office versi web tersebut.

Umumnya Microsoft memberikan update eksperimen mereka melalui Windows 10 versi Insider. Namun demikian update tersebut juga dirasakan user Windows 10 versi umum.

Menurut Engadget, update tersebut berpotensi mengganggu user Windows 10 ketika melakukan pekerjaan tertentu dan tiba-tiba restart. Lebih dari itu setelah restart mereka terbebani lagi dengan aplikasi yang tiba-tiba muncul tanpa mereka ketahui. Kecurigaan bisa saja muncul ketika mereka menganggap bahwa ini semacam aplikasi berbahaya.

Karena aplikasi tersebut tiba-tiba muncul begitu saja di komputer atau laptop sebagian user Windows 10 tersebut.

Wah, apakah kalian juga mendapatkan update Windows 10 yang memaksa laptop atau komputer restart? Lalu setelah itu ada aplikasi yang tiba-tiba muncul di tampilan Start atau Desktop?

Selanjutnya: Microsoft hentikan dukungan Microsoft Office 2010 dan 2016 di Macbook

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru