Edukasi

Minat Pelajar Indonesia Melanjutkan Studi ke Inggris Raya Meningkat

Rabu, 16 Oktober 2024 | 23:32 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Minat Pelajar Indonesia Melanjutkan Studi ke Inggris Raya Meningkat

ILUSTRASI. Study in UK Expo dan Roadshow 2024 digelar pada pada 10-15 Oktober 2024


PENDIDIKAN - JAKARTA. Minat generasi muda Indonesia untuk melanjutkan studi ke Inggris Raya (UK) terus menunjukkan peningkatan signifikan. Tren positif ini juga terlihat dari kesuksesan Study in UK Expo dan Roadshow 2024 yang diselenggarakan oleh Study in UK (SI-UK) Indonesia di Jakarta pada 10-15 Oktober lalu.

 
SI-UK Indonesia menghadirkan lebih dari 30 perwakilan universitas ternama dari UK dan Irlandia yang membuka pendaftaran program sarjana dan pascasarjana tahun akademik Januari 2025. Even tersebut mencatat partisipasi dari ratusan calon pelajar dan orang tua.
 
Menariknya, pelajar Indonesia yang baru lulus SMA dan belum melanjutkan pendidikan tinggi, berkesempatan mendaftar program sarjana pada periode ini. Salah satu keuntungannya adalah mereka dapat menyelesaikan studi dalam waktu lebih singkat, hanya 2,5 tahun, dan meraih gelar sarjana pada pertengahan tahun 2027.
 
Gianti Atmojo, Country Director Study in UK (SI-UK) Indonesia, mengungkapkan, pendaftaran periode Januari 2025 menjadi jadwal penting bagi para calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. 
 
“Proses aplikasi ke universitas tidak hanya sebatas mengisi formulir, tetapi juga melibatkan beberapa tahapan seperti penyusunan dokumen pendukung, termasuk personal statement, referensi akademik hingga tes kemampuan bahasa Inggris seperti IELTS. Setiap tahapan ini memerlukan waktu serta perencanaan yang matang.” kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (16/10).
 
Ia bilang, memulai proses aplikasi lebih awal memberikan keuntungan bagi para calon mahasiswa. Selain dapat memenuhi persyaratan akademik dengan lebih baik dan memiliki kesempatan untuk menampilkan motivasi serta potensi secara lebih optimal, kata Gianti, mereka juga berkesempatan mengeksplorasi peluang beasiswa yang tersedia untuk mendukung pendidikan di UK.
 
Selain program beasiswa LPDP yang sudah dikenal luas, terdapat beberapa pilihan beasiswa lain yang bisa dimanfaatkan oleh generasi muda Indonesia yang bercita-cita melanjutkan studi ke UK dan Irlandia, seperti Chevening Scholarships dan British Council GREAT Scholarship.
 
Pada gelaran Study in UK Expo 2024 di Jakarta Chevening Scholarships turut memperkenalkan salah satu program terbarunya, yakni Chevening ASEAN Scholarships. Program ini ditujukan khusus bagi negara-negara anggota Asean dan Timor-Leste, sehingga menambah alokasi beasiswa yang lebih besar untuk Indonesia. 
 
Program ini didukung juga oleh kemitraan dengan Prudential Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), NAMA Foundation, serta BP Indonesia.
 
Tidak hanya itu, British Council turut memeriahkan Study in UK Expo 2024 dengan menghadirkan berbagai program beasiswa dan layanan konsultasi terkait persiapan pendidikan tinggi di Inggris. 
 
“Selain IELTS, British Council siap mendukung pelajar Indonesia melalui beragam sumber daya. Kami menyediakan akses untuk mengikuti tes IELTS di 17 lokasi di seluruh Indonesia, materi persiapan gratis melalui IELTS Ready Premium untuk membantu mempersiapkan diri sebelum tes, serta webinar interaktif,” ujar Arnold Simanjuntak, Senior Exams Business Development Manager di British Council Indonesia. 
 
Melihat tingginya minat dan adanya kebutuhan,  Study in UK (SI-UK) Indonesia sebagai satu-satunya organisasi pendidikan tinggi Inggris cabang Indonesia yang mewakili seluruh universitas di UK, berkomitmen untuk memfasilitasi pelajar Indonesia melalui layanan pendampingan menyeluruh, dari mulai memilih program studi dan universitas, pendaftaran, hingga bimbingan terkait persiapan akademik serta logistik keberangkatan. 
 
“Konsultan kami dekat dan siap dihubungi kapan saja, atau bisa juga datang langsung ke kantor Study in UK (SI-UK) Indonesia di Jakarta, yang berlokasi di Kensington Office Tower, Kelapa Gading, atau di Surabaya, di Praxis Office, Jalan Sono Kembang.” tutup Gianti.

Selanjutnya: Tambah Modal di Blibli (BELI), Grup Djarum Rogoh Rp 2,25 Triliun

Menarik Dibaca: Jadi Bagian dari Perusahaan Nasional, MARK Dynamic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru