Mobil baru bertebaran di IIMS 2011

Jumat, 22 Juli 2011 | 07:42 WIB Sumber: Harian KONTAN, 22 Juli 2011
Mobil baru bertebaran di IIMS 2011

ILUSTRASI. Kembali melemah, berapa kurs dollar-rupiah Bank Mandiri, hari ini Senin 12 Oktober?/pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/18/09/2020.


Kehadiran mobil baru selalu bisa menjadi daya tarik bagi konsumen. Tidak aneh kalau para agen tungggal pemegang merek (ATPM) berlomba lomba unjuk gigi dengan mobil-mobil baru mereka di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 yang dimulai Jumat, 22 Juli ini.
PT Toyota Astra Motor (TAM), misalnya. Perusahaan ini akan meluncurkan facelift Grand New Kijang Innova dan Grand New Fortuner terbaru.

Selain itu, TAM juga akan memajang Dyna dan truk pikap Hillux. Dua jenis kendaraan niaga ini ditujukan untuk pebisnis yang bergerak di sektor perkebunan, pertambangan, dan logistik

Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM, menjelaskan TAM meluncurkan kembali Grand New Kijang Innova dengan berbagai perubahan di tampilan lantaran segmen multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi andalan bagi perusahaan ini. Hingga akhir tahun, TAM menargetkan bisa mengempit pangsa pasar 40%.

Hingga Juni, penjualan mobil oleh TAM sudah mencapai 26.175 unit. Dari jumlah itu, penyumbang Toyota Avanza dan Kijang Innova mendominasi. Penjualan Avanza mencapai 14.852 unit dan Innova sebesar 4.319 unit. "Bahkan, pada Maret penjualan Avanza menembus di atas 16.000 unit dan Innova di atas 5.000 unit," ujar Joko.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga tak mau ketinggalan. Dalam pameran terbesar otomotif nanti, SIS juga akan merilis produk baru. Sayang, Endro Nugroho, Direktur Pemasaran SIS, masih bungkam soal mobil baru yang akan keluar.

SIS memastikan akan menjual produk andalan seperti APV, Swift, dan X-Over. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Suzuki juga akan memamerkan mobil konsep, yakni mobil elektrik Swift Range Expender. Dengan sederet mobil itu, SIS optimistis bisa menjual 300–500 unit mobil di IIMS 2011.

Tebar diskon dan cicilan mini

Di perhelatan yang sama, BMW akan menjagokan Mini Cooper S, Mini Cooper S Convertible, dan Mini John Cooper Works untuk menarik minat masyarakat. BMW juga akan menampilkan Art Car, yakni mobil BMW yang digunakan pada seri balap LeMans, yang juga telah mendapatkan sentuhan tangan seniman ternama dunia era 70-an, Andy Warhol.

Sementara itu, PT Astra Peugeot Sales akan menampilkan Peugeot Crossover SXC. Mobil ini menggunakan mesin Hybrid4 yang diklaim lebih bertenaga tapi ramah lingkungan.

Lalu, PT KIA Mobil Indonesia berniat memajang All New Sportage, berjenis crossover utility vehicle (CUV). KIA akan menjual All New Sportage transmisi 6 percepatan seharga Rp 286 juta dan transmisi manual 5 percepatan Rp 249,5 juta. Lalu, KIA juga berniat merilis All New Picanto.

Adapun Garuda Mataram Motor (GMM), agen Volkswagen (VW), akan melansir New Polo, New Touran, dan New Caravelle. GMM juga bakal menghadirkan mobil komersial berupa transporter dan ambulans.

Selain menggeber produk baru, ATPM pun siap menyuguhkan pemanis berupa diskon dan harga promo.

PT Honda Prospect Motor (HPM) berniat menawarkan cicilan Rp 2,5 juta per bulan selama tiga tahun. "Ini pertama kali kami lakukan dengan cicilan ringan. Biasanya Rp 13 juta–Rp 15 juta per bulan," ujar Johnfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Suku Cadang HPM. Bagi yang berminat, HPW mewajibkan konsumen membayar uang muka sebesar 20% dari harga mobil.

HPM akan memajang 18–20 varian di stan HPM. Beberapa produk unggulan yang akan parkir di stan HPM antara lain Honda Freed, City, CRV, Accord, dan Jazz.

Dengan promo ini, HPM berharap bisa menjual 2.000 unit mobil pada IIMS kali ini. Target ini melesat 23,6% dibandingkan dengan penjualan tahun lalu yang sebanyak 1.618 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru