Mobil bekas bertransmisi CVT mulai Rp 90 jutaan, bisa dapat Grand Livina

Selasa, 02 Juni 2020 | 15:36 WIB Sumber: Kompas.com
Mobil bekas bertransmisi CVT mulai Rp 90 jutaan, bisa dapat Grand Livina

ILUSTRASI. Karyawan membersihkan mobil bekas yang dijual di Bursa Mobil Mal Blok M, Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020).


OTOMOTIF - JAKARTA. Bagi pengemudi pemula, mobil bertransmisi otomatis memberikan kemudahan yang tak dimiliki mobil manual. Pengemudi bisa lebih fokus berkendara tanpa khawatir memikirkan penggantian gigi. 

Selain memudahkan, mobil bertransmisi otomatis juga memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik ketimbang transmisi manual. 

Baca Juga: Begini dampak pandemi corona terhadap kinerja Bintraco Dharma (CARS)

Khususnya untuk transmisi otomatis berteknologi CVT yang mengandalkan puli dan sabuk baja. Jenis transmisi ini tidak memiliki susunan gir yang rumit, sehingga dari segi perawatan diklaim lebih mudah. 

Hermas Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic di Bintaro Tangerang Selatan, mengatakan, secara umum jarang ada transmisi CVT yang mengalami kerusakan. 

Biasanya kelemahan yang paling sering ditemukan yaitu gejala kehilangan tenaga, terutama saat jalan menanjak. “Selain itu perpindahan gigi terasa tidak smooth, ada bunyi dari transmisi yang aneh, terdengar suara ‘jedug’ saat pindah dari N ke D, artinya perlu ada perbaikan,” ucapnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Masuk fase kenormalan baru, Honda Prospect Motor (HPM) siapkan sejumlah strategi

Bagi Anda yang mencari mobil bekas dan masih nyaman, ingin merasakan perpindahan gigi halus dan minim entakan, tak ada salahnya mencoba mobil bertransmisi CVT. 

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru