Mobil diesel disebut lebih irit dibanding mobil bensin, benarkah?

Kamis, 18 November 2021 | 05:55 WIB Sumber: Kompas.com
Mobil diesel disebut lebih irit dibanding mobil bensin, benarkah?


OTOMOTIF - JAKARTA. Saat hendak membeli mobil, selain masalah harga, hal lain yang juga menjadi pertimbangan yakni soal konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Nah, beredar pandangan di masyarakat, mobil diesel lebih irit ketimbang mobil bensin. Apa benar demikian?

Mobil diesel dan mesin bensin tentu saja memiliki karakter yang berbeda satu sama lain, tak terkecuali konsumsi bahan bakar.  

Semakin irit mobil dalam konsumsi bahan bakar, tentunya akan semakin menarik minat konsumen untuk membeli. Pasalnya, pengeluaran untuk kebutuhan bensin juga bisa berpengaruh terhadap keperluan lainnya. 

Banyak yang beranggapan bahwa mobil mesin diesel tingkat konsumsi bahan bakar lebih rendah dibandingkan mesin bensin. 

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna tidak menampik anggapan tersebut. Menurutnya, mobil mesin diesel memang lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin, hal ini disebabkan oleh dua hal. 

Baca Juga: Harga mobil bekas Honda Brio 2019 per November 2021, cuma Rp 110 juta

“Pertama karena mesin diesel ini memakai kompresi yang sangat tinggi. Sehingga, power yang dihasilkan juga lebih besar per CC bahan bakar,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini. 

Dengan alasan tersebut, efisiensi thermis mesin diesel juga lebih bagus dibandingkan mobil bensin. Dengan kerja mesin yang efisien, pembakaran juga akan lebih efisien. 

Kemudian, penyebab yang kedua, yakni kandungan kalori pada bahan bakar jenis solar juga lebih besar dibandingkan jenis bensin. 

“Sehingga, per liter solar akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar. Inilah yang membuat mesin solar menjadi lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin,” ucapnya. 

Baca Juga: Intip harga mobil bekas Toyota Hilux varian ini dari Rp 100 jutaan per November 2021

Selain irit bahan bakar, keunggulan lain dari mesin diesel yakni memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin bensin. Hal ini dikarenakan karakter mesin diesel yang menggunakan tipe mesin long stroke. 

“Tipe mesin ini mampu menghasilkan torsi yang lebih besar dari kebanyakan mesin bensin yang menggunakan mesin square,” kata Suparna. 
Dengan demikian, tidak heran jika mobil dengan mesin diesel mempunyai tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Dibandingkan Bensin?"
Penulis : Arif Nugrahadi
Editor : Aditya Maulana

 

Selanjutnya: Harganya Mulai Rp 100 Juta per November 2021, Cermati Banderol Mobil Bekas Honda CR-V

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru