Momentum Mega Sales, TikTok jadi Alternatif Solusi Pemasaran

Selasa, 31 Agustus 2021 | 14:03 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Momentum Mega Sales, TikTok jadi Alternatif Solusi Pemasaran

ILUSTRASI.


TEKNOLOGI – JAKARTA. Perkembangan teknologi dan digitalisasi yang meningkat selama pandemi, membuat berbagai sektor bisnis harus terus berinovasi. Kini berbagai segmen usaha mulai mengandalkan platform digital untuk pemasaran terutama sejak pandemi Covid-19. TikTok sebagai platform distribusi video singkat pun berbagi pandangannya dalam tren digitalisasi ini.

Kini setiap bulan di tanggal kembar, brand-brand akan berlomba untuk memberikan promosi kepada konsumen secara dan meningkatkan penjualan. Namun, kadangkala momentum ini terlewat oleh konsumen karena adanya ketidaktahuan pada promosi yang diberikan oleh brand tertentu. Kehadiran platform TikTok pun dapat menjangkau berbagai segmen pengguna ketika ada momentum festival belanja atau Mega Sales.

Berdasarkan survei TikTok, sebanyak 78% pengguna menantikan momentum Mega Sales dan kecenderungan berbelanja pun lebih tinggi. Masifnya pengguna TikTok bisa menjadi tempat bagi sebuah brand untuk menjaring konsumen, terutama saat Mega Sales. 

Peningkatan shoppertainment di platform TikTok pun bisa menjadi salah satu strategi membangun citra positif dan menjangkau konsumen dengan lebih luas. Pengguna pun bisa menikmati konten sekaligus promo menarik selama Mega Sales berlangsung. 

Head of Business Marketing TikTok Indonesia, Sitaresti Astarini mengatakan TikTok memiliki fitur pendukung untuk memasarkan produk yang bermanfaat bagi brand yang telah bergabung di dalamnya. Menurut survei TikTok terhadap seluruh pengguna di Asia Tenggara, pengguna TikTok di Indonesia berbelanja lebih banyak saat momen Mega Males dibandingkan dengan pengguna di platform lain. Bahkan dibandingkan pengguna TikTok di negara Asia Tenggara lainnya, jumlah pengguna di Indonesia termasuk yang paling banyak berbelanja. 

"TikTok memberi ruang bagi brand untuk menjangkau konsumen dengan cara yang kreatif, refreshing, dan otentik. Di momen Mega Sales mendatang, strategi shoppertainment merupakan solusi yang pas untuk membangun koneksi dengan audiens dan mengubah mereka dari 'happy users' menjadi 'happy buyers'. Brand dapat menyampaikan promosi produk dan informasi diskon melalui storytelling yang ringan dan informatif, serta memanfaatkan solusi periklanan dan fitur berbelanja yang terintegrasi di dalam aplikasi," kata Sitaresti.

Sekadar informasi, shoppertainment adalah strategi pemasaran yang menggabungkan aktivitas belanja, hiburan, dan penemuan konten/informasi baru. Strategi ini menjadi ramuan yang cocok untuk merangkul pelanggan pada masa Mega Sales di tengah kondisi pandemi.

Tidak hanya itu, di TikTok biasanya pengguna banyak menemukan tren-tren baru yang mendorong untuk mencari tahu dan membeli sebuah produk. Hal ini tercermin terlihat dari tagar #RacuninTikTok dan #GaraGaraTikTok di mana pengguna ikut menciptakan obrolan seru tentang brand dan produk baru. Partisipasi aktif pengguna terhadap tren ini pun meningkatkan brand awareness, dan mendorong penjualan.

Dalam platform TikTok juga terdapat solusi periklanan yang mudah dan fleksibel. Hal ini membuat brand dapat ditemukan secara kreatif oleh calon konsumen dan mendorong pembelian. Solusi ini dilengkapi dengan creative tools memudahkan brand membuat iklan yang menarik perhatian. Serta kanal iklan yang beragam untuk membantu brand mencapai target bisnisnya sesuai dengan selling point yang dimiliki.

Bagi brand atau UKM yang tergabung di dalamnya pun bisa mendapatkan kemudahan melalui TikTok for Business. Melalui TikTok for Business, pelaku UKM bisa memanfaatkan fitur-fitur khusus yang ada, seperti Creative Tools berisi serangkaian alat yang memungkinkan pemasar merasakan kreativitas dan orisinalitas komunitas TikTok saat menceritakan produk atau layanan, dilengkapi Video Creation Kit, Smart Video Soundtrack, dan TikTok Adstudio. 

Terdapat pula fitur TikTok Live, yang menjadi cara baru untuk berjualan online. Fitur ini menjadi tempat bagi brand dan konsumen secara langsung melalui tayangan livestream untuk menunjukkan produk secara langsung.

Kini saatnya Anda mulai memanfaatkan TikTok bukan hanya untuk seru-seruan saja tapi juga untuk mempromosikan bisnis. TikTok yang dimanfaatkan dengan tepat bisa menjadi sebuah sarana promosi bagi produk atau jasa Anda. Untuk informasi lebih lanjut Peran Penting TikTok di Momentum Mega Sales dapat melalui www.TikTokMegaSales.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru