Moon Phase atau Fase Bulan Oktober 2022, Kapan Bisa Melihat Bulan Purnama?

Senin, 03 Oktober 2022 | 13:54 WIB   Penulis: Arif Budianto
Moon Phase atau Fase Bulan Oktober 2022, Kapan Bisa Melihat Bulan Purnama?

ILUSTRASI. Moon Phase atau Fase Bulan Oktober 2022, Kapan Bisa Melihat Bulan Purnama?

KONTAN.CO.ID - Mau tahu moon phase atau fase bulan pada Oktober 2022? Purnama terjadi pada tanggal ini, catat baik-baik ya bila Anda ingin melihat pemandangan langit yang menarik di bulan Oktober 2022 ini.

Bersamaan dengan masuknya bulan Oktober 2022, ini sekaligus menandai hadirnya moon phase atau fase bulan yang baru. 

Apa itu moon phase atau fase bulan? Bagi yang mungkin belum tahu, moon phase atau fase bulan adalah bentuk bulan yang selalu berubah-ubah jika dilihat dari Bumi. 

Fase bulan biasanya tergantung pada kedudukan bulan terhadap Matahari jika ilihat dari Bumi. Secara umum, moon phase atau fase bulan dibagi menjadi empat, seperti berikut ini.

Baca Juga: Misi DART Menabrak Asteroid Sebagai Upaya Uji Pertahanan Planet yang Pertama di Dunia

Bulan purnama di New York

4 Fase Bulan:

  1. New Moon (Bulan Baru)
  2. First Quartal (Kuartal Pertama)
  3. Full Moon (Bulan Purnama)
  4. Last Quartal (Kuartal Terakhir)

Dikutip dari Space, pada 2 Oktober 2022 kemarin, fase bulan telah memasuki Kuartal pertama adri siklus bulannya. Setidaknya 46% bagian bulan terlihat terang.

Bulan Kuartal Pertama atau First Quartal akan mencapai puncaknya pada pukul 20:14 EDT atau Eastern Daylight Time yang umum digunakan di wilayah Amerika Serikat.

Lebih lengkap, berikut ini jadwal moon phase atau fase bulan untuk Oktober 2022:

  • Kuartal Pertama (First Quartal): 2 Oktober 2022
  • Bulan Purnama (Full Moon): 9 Oktober 2022
  • Kuartal Terakhir (Last Quartal): 17 Oktober 2022
  • Bulan Baru (New Moon): 25 Oktober 2022

Baca Juga: Cari Tahu Tentang Ekuinoks, Fenomena Astronomi yang Terjadi Dua Kali Setahun

Bulan Kuartal Pertama atau yang juga ikenal sebagai bulan paruh pertama karena tampak setengah bercahaya jika dilihat dari Bumi. Bulan yang terlihat seperti lingkaran penuh, cahanya hanya menyinari sebagian dari Bulan apabila dilihat adri Bumi.

Penampakan ini juga menandai waktu ketika bulan berada seperempat dari perjalanannya melalui siklus bulan dan perjalanannya mengelilingi Bumi.

"Orang-orang mungkin dengan santai menyebut ini bulan sabit, tapi ingat, bukan itu yang Anda saksikan di atas langit," tulis NASA dalam sebuah pernyataan.

"Anda hanya melihat sepotong bulan setengah dari setengah yang diterangi," tambahnya.

Fase bulan juga mengungkapkan berlalunya waktu ddi langit malam. Beberapa malam ketika kita melihat ke bulan, bulan purnama dan cerah walaupun terkadang itu hanya secercah cahaya yang berwarna keperakan.

Perubahan penampilan ini adalah yang disebut sebagai fase-fase bulan. Saat bulan mengorbit Bumi, satelit alami ini berputar delapan fase berbeda.

Empat fase utama bulan terjadi sektiar seminggu yang terpisah, dengan bulan purnama merupakan fase yang paling mempesona. 

Usai fase bulan kuartal pertama pada 2 Oktober, berikutnya adalah bulan purnama pada hari Minggu, 9 Oktober 2022. Bulan purnama pada Oktober ini juga memiliki sebutan yang menarik, yaitu Full Hunter Moon atau Bulan Pemburu.

Dikutip dari laman Edukasi Sains Antariksa LAPAN, penamaan ini merujuk pada penduduk asli Amerika Serikat yang melakukan perburuan hewan guna mengumpulkan pembekalan menghadapi musim dingin.

Menurut NASA, bulan purnama terbit di lokasi sekitar matahari terbenam dan akan terbenam di lokasi sekitar matahari terbit.

Bagi Anda yang tertarik untuk melihat pemandangan langit yang menarik pada Oktober 2022 ini, termasuk penampakan bulan purnama jangan lupa tandai kalender Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru