MotoGP belum berguliur, Honda dikabarkan bakal depak adik Marc Marquez dari tim

Selasa, 09 Juni 2020 | 13:50 WIB Sumber: BolaSport
MotoGP belum berguliur, Honda dikabarkan bakal depak adik Marc Marquez dari tim


OLAHRAGA - JAKARTA. Pembalap MotoGP asal Spanyol, Pol Espargaro, tampaknya akan diumumkan sebagai pembalap kedua Honda untuk musim 2021. Sementara itu, adik Marc Marquez, Alex Marquez akan diganti setelah satu musim bersama saudara kandungnya dalam tim Honda.

Pemikiran di balik langkah tersebut dianggap keras oleh banyak orang karena Alex Marquez belum melakukan debut balapan MotoGP karena penundaan yang disebabkan pandemi virus corona. Bos Honda, Alberto Puig belum mengonfirmasi kepindahan Pol Espargaro, tetapi dia telah menahan diri untuk tidak menyangkal berita tersebut.

Baca Juga: MotoGP Australia dan Inggris 2020 dibatalkan karena pandemi corona belum mereda

"HRC selalu berpikir tentang masa kini dan masa depan strukturnya, dari kategori yang lebih rendah hingga MotoGP," kata Puig dilansir BolaSport.com dari Race.com.

"Keadaan musim ini tidak berkembang seperti biasa. Tetapi, itu tidak berarti bahwa Honda berhenti merencanakan masa depan terbaik untuk semua pembalap mereka. Kami tidak memiliki kontrak yang ditandatangani dengan siapa pun yang belum diumumkan," ucap Puig.

Jadi mengapa Honda ingin mengganti juara Moto2 2019 sebelum musim yang tertunda bahkan dimulai? Singkatnya, itu bisa jadi karena sekarang mereka tidak memiliki kemampuan menandatangani Alex Marquez di tempat pertama.

Alex terpilih setelah Jorge Lorenzo mengumumkan pensiun pada akhir musim 2019 setelah semusim bersama Honda. Alex Marquez dianggap tidak siap untuk tekanan dalam balap motor kelas premier. Dalam tes pramusim, Alex mampu menyelesaikan lebih dari 10 hari pengujian di Valencia, Jerez, Sepang, dan Losail.

Baca Juga: Valentino Rossi dinilai masih mampu bersaing di ajang MotoGP

Ini akan memberi banyak data untuk dianalisis. Ada dua alasan mengapa Honda mengambil risiko mengecewakan juara dunia Moto2 mereka yang tak terhentikan di sisi lain garasi. Pertama, dengan Marc yang sekarang terikat dengan Honda dengan kontrak empat tahun, sangat tidak mungkin bahwa apa pun yang terjadi pada Alex akan mengubah komitmen Marc yang sangat bermanfaat bagi tim.

Kedua, kepedulian besar terhadap perasaan pembalap tidak benar-benar dalam pola pikir Honda. Ditambah lagi, tidak ada jaminan bahwa mundur dari tim pabrikan berarti Alex keluar dari keluarga Honda. Perpindahan ke tim satelit Honda, misalnya, akan menjadi pilihan cerdas.

Didukung dengan baik oleh perusahaan bir seperti Estrella Galicia, raksasa asuransi Aviva dan rantai toko pakaian Tarik dan Beruang, Alex Marquez membawa uang yang membuat bos LCR Lucio Cecchinello akan mempererat kerja sama dengan Honda.

Baca Juga: Ini bocoran jadwal MotoGP 2020, dimulai Juli di Sirkuit Jerez Spanyol

Namun, ini bisa menjadi berita buruk bagi Cal Crutchlow (Inggris). Jika Alex Marquez yang lebih muda mendapat tempat di LCR mungkin ebih baik pada tahap awal kariernya, karena ini adalah langkah yang menurut banyak orang harus dikejar Honda untuk 2020. 

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Mengapa Honda Geser Alex Marquez meski Belum Jalani Debut pada MotoGP?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru