Sport

MotoGP nobatkan 3 pembalap menjadi legenda, termasuk Lorenzo

Minggu, 19 Januari 2020 | 09:36 WIB Sumber: BolaSport
MotoGP nobatkan 3 pembalap menjadi legenda, termasuk Lorenzo

ILUSTRASI. MotoGP - Jorge Lorenzo. REUTERS/Heino Kalis

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. MotoGP pada tahun ini menobatkan tiga pembalap, Jorge Lorenzo, Max Biaggi, dan Hugh Anderson menjadi legenda. Juara dunia lima kali, Jorge Lorenzo akan dikukuhkan sebagai legenda MotoGP pada seri kelima MotoGP 2020 yang akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Dipilihnya Jerez bukanlah tanpa alasan, karena Sirkuit tersebut menjadi tempat Lorenzo memulai karier balapnya. X-Fuera (julukan Jorge Lorenzo) mengawali kariernya di kelas 125cc pada tahun 2002 bersama tim Derbi Racing.

Baca Juga: Amankan MotoGP, PLN tambah kapasitas listrik di KEK Mandalika

Tiga musim membalap di kelas 125cc, Lorenzo kemudian naik ke kelas 250cc dan berhasil menjadi juara dunia dua kali di kelas 250cc bersama tim Fortuna Aprilia pada musim 2006 dan 2007.

Setelah sukses di kelas 250cc, Jorge Lorenzo naik ke kelas tertinggi pada 2008 dan bertandem bersama Valentino Rossi di tim Yamaha. Selama membela tim berlogo garpu tala itu, Lorenzo berhasil mengemas tiga kali juara dunia yang dia raih pada musim 2010, 2012, dan 2015.

Sepanjang berkarier di tiga kelas balap MotoGP tersebut, Lorenzo sudah membukukan total 152 podium dengan 68 kemenangan serta 69 kali pole position.

Pria berusia 32 tahun itu akhirnya memutuskan pensiun usai menjalani musim debut yang sulit bersama tim barunya, Repsol Honda pada akhir musim lalu.

Baca Juga: Ini lokasi launching tim MotoGP 2020, Repsol Honda pilih Jakarta

Editor: Yoyok

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru