Motor listrik Bike Smart Electric milik Bamsoet sudah tebar pesona sejak awal 2021

Selasa, 30 November 2021 | 11:32 WIB Sumber: Kompas.com
Motor listrik Bike Smart Electric milik Bamsoet sudah tebar pesona sejak awal 2021

ILUSTRASI. Motor listrik Bike Smart Electric milik Bambang Soesatyo (Bamsoet)


OTOMOTIF - JAKARTA. Motor listrik Bike Smart Electric sudah tebar pesona sejak awal 2021. Namun hingga akhir tahun motor berwarna kuning tersebut tidak kunjung resmi meluncur.

Awalnya Djoko Iman Santoso, Direktur Pemasaran dan R&D BS Electric mengatakan, proses uji tipe diharapkan selesai pada Juni 2021 dan tak lama setelah itu baru motor meluncur.

Kini rencana tersebut kembali mundur. Iman mengatakan pihaknya justru kini fokus sedang mempersiapkan fasilitas pabrik di Surabaya.

"Motor listrik Pak Bamsoet saat ini progresnya memang waktu itu kita sedang mau uji tipe tetapi mundur karena kita mendapat kesempatan buat buka pabrik di sini di Indonesia," kata Iman di Jakarta, di IIMS Motobike Show 2021 akhir pekan lalu.

Iman mengklaim dengan adanya pabrik baru ini maka penyerapan komponen lokal bisa lebih tinggi.

"Jadi nanti 100% lokal konten tadi awalnya kan hanya 60%, nah karena kita belum punya lokasi, baru sekitar tiga minggu lalu (awal November) kita dapat lokasi di Surabaya bekas Wimcycle, dulu mereka produksi sepeda areanya kita takeover," kata Iman.

Baca Juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo selamat dari kecelakaan saat lomba reli mobil di Meikarta

Iman mengatakan saat ini proses uji tipe BS Electric tetap berjalan. Di sisi lain, saat nanti beroperasi pabrik akan memproduksi tak hanya satu model.

"Uji tipenya karena kita akan produksi lokal akan berbeda jalur dan produksinya. Jadi kita tidak lakukan uji tipe dulu kita setup pabriknya dulu baru kita uji tipe. Kita tunda karena develope pabriknya," ucap Iman.

"Sisa kemarin kita tetap uji tipe, sudah ada peminatnya juga. Mungkin sisa 300-400 unit sudah mau diborong cuma belum bisa kalau belum bisa kalau belum uji tipe," kata Iman.

Sebelumnya pada awal Oktober 2021, Ketua IMI Bambang Soesatyo mengatakan kapan proses uji tipe selesai tergantung dari Kementerian Perhubungan.

"Ini lagi pengajuan, lagi uji tipe. Targetnya tahun ini. (Kapan selesai) tergantung, itu yang tahu cuma Kementerian Perhubungan dan Tuhan," kata Bamsoet di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Apa Kabar Peluncuran Motor Listrik Bike Smart Electric milik Bamsoet?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru