CLOSE [X]

Mudik Naik Kendaraan Pribadi, Ini Hal yang Perlu Disiapkan

Kamis, 21 April 2022 | 18:13 WIB   Reporter: Lidya Yuniartha
Mudik Naik Kendaraan Pribadi, Ini Hal yang Perlu Disiapkan

ILUSTRASI. Ini hal-hal yang perlu disiapkan bila ingin mudik dengan kendaraan pribadi. Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.


KONTAN.CO.ID - Tahun ini pemerintah sudah mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik. Berdasarkan survei Kemenhub, ada 85,5 juta orang yang diperkirakan akan melakukan perjalanan mudik lebaran.

Tentunya, masyarakat memiliki pilihan kendaraan yang digunakan untuk melakukan perjalanan, mulai dari transportasi umum hingga menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan pribadidengna roda dua maupun roda empat pun masih banyak peminat khususnya bagi masyrakat daerah Jawa dan Sumatra karena kemudahan dan biaya yang terjangkau.

Nah, bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Berikut ini tips dari Lifepal terkait hal-yang perlu disiapkan agar mudik aman dan nyaman.

1. Mempelajari rute terbaik

Co-Founder dari Lifepal.co.id, Benny Fajarai mengatakan memahami rute yang hendak dilewati lebih dulu adalah persiapan terpenting sebelum berangkat mudik dengan kendaraan pribadi.

"Pilihlah rute terbaik untuk dilintasi sehingga kamu juga bisa memetakan lokasi peristirahatan (rest area), hingga letak posko kesehatan terdekat," ujar Benny dalam keterangan tertulis.

Dia juga menyarankan agar pemudik memahami jalur-jalur rawan macet yang akan dilewati. Anda bisa memanfaatkan aplikasi GPS yang tersedia sebagai pemandu arah.

Baca Juga: Mudik Pakai Pesawat? Ini 5 Tips untuk Dapatkan Tiket Pesawat Murah!

2. Menjaga kondisi tubuh sebelum berkendara jauh

Menjaga kondisi tubuh sebelum perjalanan mudik ini bertujuan untuk mengantisipasi tubuh agar tidak cepat kelelahan dan jatuh sakit. Memastikan tubuh prima saat berkendara merupakan salah satu dari tiga prinsip dasar berkendara.

Sehari sebelum berangkat sebaiknya Anda mengistirahatkan tubuh dengan tidur minimal enam sampai delapan jam. Kemudian pada saat di perjalanan, usahakan untuk melakukan tidur singkat atau istirahat dengan menepikan kendaraan apabila merasa letih di tengah perjalanan.

3. Memastikan kendaraan fit dan siap untuk perjalanan jauh
Kondisi kendaraan pun perlu dipersiapkan. Periksa kendaraan yang digunakan, dan ada baiknya melakukan perawatan mobil seminggu sebelum berangkat.

Beberapa komponen yang perlu diperhatikan seperti mengecek kondisi aki, memeriksa radiator sebagai komponen yang mencegah mesin overheat, dan mengganti oli dengan teratur. Apalagi, tak menutup kemungkinan akan terjadi kemacetan parah. Pada kondisi macet, mengemudi berhenti-berjalan tak dapat dihindari. Dengan cara mengemudi seperti ini, tentu akan memperpanjang periode diam yang menyebabkan beban tinggi pada beberapa bagian mesin.

4. Membawa perangkat pendukung
Jangan lupa membawa peralatan pendukung yang bisa meminimalisasi masalah di perjalanan, misalnya ban serep, dongkrak, dan berbagai peralatan mekanik lainnya.
Persiapan ini juga termasuk dalam kelengkapan mobil untuk mudik. Hal ini akan sangat berguna dibandingkan harus menunggu pertolongan datang jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada mobil.

Untuk penumpang dan pengemudi, perlengkapan tambahan yang harus dibawa yaitu peralatan P3K yang berisi berbagai obat-obatan. Perlengkapan ini untuk mengantisipasi terjadinya masalah yang tidak diinginkan.

5. Memastian kendaraan mendapatkan perlindungan
Benny menyebut, persiapan terakhir untuk memastikan perjalanan mudik aman dan nyaman adalah memastikan kendaraan Anda sudah mendapatkan perlindungan dari asuransi kendaraan.

Benny pun mengatakan, Anda bisa mengecek asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget di Lifepal.co.id. “Tim Lifepal.co.id siap membantu Anda dalam memilih dan menganalisa ratusan polis dari 50+ rekan asuransi tersedia yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran," ujar Benny.

Menurutnya, asuransi tidak hanya melindungi dari kejadian tak terduga selama perjalanan di mudik, tapi juga memberikan peace of mind sehingga perjalanan akan terasa jauh lebih nyaman dan aman bersama keluarga dan kendaraan pribadi kesayangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Lidya Yuniartha

Terbaru