Mulai bulan depan simpan foto lebih dari 15 GB di Google Photos kena biaya tambahan

Selasa, 25 Mei 2021 | 08:07 WIB Sumber: Phone Arena
Mulai bulan depan simpan foto lebih dari 15 GB di Google Photos kena biaya tambahan

ILUSTRASI. Mulai bulan depan simpan foto lebih dari 15 GB di Google Photos kena biaya tambahan


GOOGLE - Pengguna Google Photos bakal kena biaya tambahan apabila menyimpan foto lebih dari 15GB. Berlaku mulai bulan depan, penyimpanan Google Photos dibatasi maksimal 15 GB untuk user atau pengguna gratisan.

Siap-siap pilih foto yang Anda inginkan apabila ingin menyimpan di Google Photos. Pasalnya, Google segera berlakukan kebijakan barunya mulai bulan Juni mendatang terkait pembatasan penyimpanan foto di layanan miliknya tersebut.

Google Photos sendiri merupakan layanan Google yang berfokus pada sharing foto maupun video. User atau pengguna dapat dengan mudah membagikan foto maupun video mereka lewat layanan Google yang satu ini.

Diluncurkan pertama kali tahun 2015, layanan ini telah berjalan hampir 6 tahun lamanya memenuhi demi kebutuhan para penggunanya. 

Google Photos

Namun seiring dengan berjalannya waktu, Google mulai merombak kebijakan terkait layanan Google Photos. Pertama kali diumumkan tahun lalu, Google telah berencana untuk membatasi penyimpanan foto dan video di Google Photos.

Rencana tersebut kabarnya bakal dieksekusi mulai bulan Juni mendatang, ya, kurang dari satu minggu lagi pembatasan penyimpanan di Google Photos segera berlaku.

Mengutip dari PhoneArena, pembatasan layanan penyimpanan Google Photos maksimal 15 GB untuk pengguna gratisan berlaku mulai 1 Juni 2021.

Namun demikian, sebagian user mungkin masih bertanya-tanya bagaimana nasib foto dan video yang sudah mereka simpan sebelumnya? Apakah foto dan video yang sudah mereka upload sebelumnya terkena imbas dari kebijakan tersebut?

Jawabannya tidak, apabila Anda telah menyimpan foto maupun video di Google Photos sebelum tanggal 1 Juni 2021 dan ukurannya lebih dari 15GB tidak akan hilang atau terkena imbas lainnya.

Namun demikian, apabila Anda masih ingin menggunakan layanan Google Photos, Anda bisa berlangganan Google One. Berikut rincian harga langganan Google One:

  • Penyimpanan 15 GB - Gratis
  • Penyimpanan 100 GB - Rp26.900/bulan atau Rp269.000/tahun
  • Penyimpanan 200 GB - Rp43.000/bulan atau Rp430.000/tahun
  • Penyimpanan 2TB - Rp135.000/bulan atau Rp1.350.000/tahun

Apabila berminat, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda ketika berlangganan layanan Google One untuk Google Photos.

Selanjutnya: WhatsApp siapkan fitur transfer chat ke nomor berbeda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru