Reporter: Prihastomo Wahyu Widodo | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo
KONTAN.CO.ID - Mari memahami secara singkat profesi social media manager yang saat ini dibutuhkan banyak perusahaan untuk tetap aktif di dunia digital.
Social media manager atau manajer media sosial adalah orang yang bertugas mengatur media sosial milik klien, bisa perseorangan atau perusahaan.
Salah satu hal yang membuat profesi ini semakin dilirik adalah peluang kerja remote atau kerja dari rumah yang terbuka lebar.
Dilansir dari platform pembelajaran global Coursera, seorang manajer media sosial biasanya bertanggung jawab untuk menetapkan strategi konten dan mendorong keterlibatan di seluruh platform sosial perusahaan.
Di sini kita akan mencoba memahami secara singkat mengenai tugas seorang social media manager, serta skill atau kemampuan apa saja yang wajib dimiliki.
Baca Juga: Kerja Data Entry Dari Rumah, Kuasai Skill Ini Sebelum Mulai
Tugas Social Media Manager
Secara umum, tugas social media manager adalah mengembangkan strategi bulanan, triwulanan, atau tahunan untuk meningkatkan pengikut, membuat dan mengawasi kampanye sosial, meninjau analitik, dan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan utama.
Saat ini, banyak klien yang membutuhkan social media manager untuk bekerja dari jarak jauh atau remote. Pekerjaan ini cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin tetap merawat anak di rumah, tapi tetap ingin mendapatkan pemasukan.
Berikut adalah beberapa tugas utama seorang social media manager:
- Meningkatkan pengikut (followers) dan keterlibatan (engagement)
- Menyusun strategi konten dan program media sosial
- Memposting dan memantau platform media sosial
- Menganalisis data
- Melaporkan metrik kepada pemangku kepentingan utama
Baca Juga: Tips Menjadi Content Writer untuk Mahasiswa, Bisa Dapat Cuan Sambil Kuliah
Skill Wajib Seorang Social Media Manager
Setelah mengetahui tugasnya, Anda mungkin sudah memiliki sedikit gambaran mengenai keahlian atau skill yang wajib dimiliki oleh seorang social media manager.
Secara ringkas, berikut adalah skill yang dibutuhkan social media manager:
Menulis
- Keahlian sangat penting. Anda wajib lihai menyusun postingan atau membuat caption, penulisan media sosial yang baik lebih dari sekadar tata bahasa dan ejaan yang baik. Mengasah keterampilan copywriting Anda akan sangat penting untuk menghasilkan tulisan yang menarik
Menyunting
- Bersamaan dengan menulis, kemampuan menyunting dapat membantu Anda mengembangkan ketajaman yang diperlukan untuk meyakinkan perusahaan atau merek bahwa mereka berada di tangan yang tepat.
Pemahaman Tentang Media Sosial
- Anda perlu memiliki pemahaman mendalam tentang kekuatan, kelemahan, demografi pengguna, dan karakteristik lainnya. Media sosial yang saat ini menjadi pilihan utama perusahaan termasuk Instagram, YouTube, TikTok, dan LinkedIn.
Baca Juga: Menjadi Virtual Assistant dari Rumah, Kuasai Skill Berikut
Kepekaan Desain
- Anda perlu memiliki kepekaan tinggi terhadap desain visual dari setiap postingan di media sosial. Hal ini berkaitan dengan citra produk atau tema yang sedang diangkat.
Perangkat Lunak Analisis
- Untuk memantau kinerja media sosial, Anda juga perlu memahami perangkat lunak atau software analisis secara mendalam. Sangat membantu jika Anda mengetahui cara menggunakan alat pendengar media sosial seperti Sprout Social, Hootsuite, dan HubSpot, dan lain-lain.
Adaptif
- Sebagai seorang manajer media sosial, Anda harus bisa cepat beradaptasi dengan tren yang ada di dunia digital. Anda juga perlu memiliki kemampuan berpikir cepat dan memasukkan hal-hal baru ke dalam pekerjaan.
Ketepatan Waktu
- Mengikuti perkembangan berita dan percakapan yang lebih luas yang terjadi secara daring dapat membantu Anda bereaksi secara tepat dan mempertahankan citra perusahaan.
Tonton: QRIS Indonesia Dinilai Lebih Maju Dibanding Jepang, Ini Buktinya
Selanjutnya: OJK Siapkan Regulasi Ketat, Begini Tanggapan Tokocrypto
Menarik Dibaca: 6 Cara Mengatasi WC Mampet yang Efektif, Yuk Coba
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News