NASA tangkap citra planet yang begitu indah di luar tata surya, ini keistimewaannya

Rabu, 12 Agustus 2020 | 10:47 WIB   Penulis: Arif Budianto
NASA tangkap citra planet yang begitu indah di luar tata surya, ini keistimewaannya


SAINS - NASA baru saja menangkap citra planet bersinar dengan warna merah jambu. Planet ini diketahui bernama GJ 504b berwarna merah jambu seperti bunga sakura yang sedikit gelap.

Pada dasarnya GJ 504b merupakan eksoplanet atau planet yang berada di luar Tata Surya. NASA telah menemukan orbit GJ 504 ini sejak tahun 2013 silam menggunakan telskop Subaru yang berada di Hawaii.

Raksasa gas yang juga disebut sebagai planet GJ 504b terlihat bersinar dengan warna cantik merah jambu atau pink ini ada penyebabnya. 

Baca Juga: Planet Venus bakal terlihat jelas dengan mata telanjang, mau lihat?

Sebagaimana diketahui, planet cendeung sangat panas saat terbentuk. Dan akan tetap mempertahankan panasnya selama beberapa waktu untuk mengumpulkan materi yang ada di sekitarnya.

Berdasarkan laporan dari BGR, setidaknya butuh ratusan juta tahun untuk planet mendingin. Tetapi tidak untuk GJ 504b yang masih belum menunjukan pendinginannya.

Planet GJ 504b diperkirakan terbentuk 160 juta tahun yang lalu. Bahkan hingga saat ini suhunya masih cukup hangat sehingga membentuk terpancar sinar berwarna merah jambu.

NASA sendiri menyebut warna dari plaent GJ 504b ini seperti bunga sakura yang gelap atau magenta yang kusam.

"GJ 504b berukuran sekitar 4 kali lebih masif dari Jupiter dan memiliki suhu efektif  sekitar 460 derajat Fahrenheit atau 237 derajat Celcius", jelas NASA.

"Ia mengorbit pada bintang tipe G0 GJ 504, yang sedikit lebih panas dari matahari dan terlihat samar-samar dengan mata telanjang di konstelasi Virgo", tambahnya.

Informasi yang cukup menarik bukan, ternyata masih ada planet di luar tata surya yang unik. Sama halnya dengan eksoplanet GJ 504b yang cantik ini terlihat menyala dengan warna merah jambu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru