Nasib Liverpool belum jelas di Liga Inggris gara-gara wabah virus corona

Jumat, 24 April 2020 | 11:58 WIB Sumber: BolaSport
Nasib Liverpool belum jelas di Liga Inggris gara-gara wabah virus corona

ILUSTRASI. Liverpool Juara atau Tidak, Liga Inggris Belum Bisa Pastikan


SEPAK BOLA - JAKARTA. Liga Inggris masih belum bisa memastikan apakah pada musim 2019-2020 ini Liverpool dinobatkan menjadi juara atau tidak. Beberapa waktu yang lalu, UEFA mengadakan pertemuan dengan 55 federasi anggotanya.

Dari hasil pertemuan yang ada, mayoritas penyelenggara liga masih bersikeras untuk melanjutkan liga yang saat ini sedang terhenti karena pandemi virus corona. Dilansir oleh BolaSport.com dari Daily Mirror, menyikapi hal tersebut, UEFA membuat keputusan untuk menyerahkan kelanjutan kompetisi domestik kepada masing-masing penyelenggara.

Baca Juga: Spanyol godok rencana La Liga Spanyol tanpa penonton hingga 2021

Asosiasi sepak bola yang dipimpin oleh Aleksander Ceferin itu menyampaikan bahwa klub-klub yang lolos ke kompetisi antarklub Eropa musim depan juga ditentukan oleh penyelenggara. UEFA menekankan kepada seluruh penyelenggara liga untuk menentukan secara objektif, transparan, dan tidak diskriminatif.

Akan tetapi, keputusan itu belum membuat kelanjutan Liga Inggris musim ini menjadi jelas. Terlebih lagi berkaitan dengan gelar juara Liverpool pada musim 2019-2020. Jika memilih untuk menyelesaikan musim ini lebih cepat, Liga Inggris bisa menggunakan panduan klasemen musim ini sebagai penentuan klub yang lolos ke kompetisi antarklub Eropa 2020-2021.

Hal itu sesuai dengan arahan UEFA yang meminta klub yang lolos ke kompetisi antarklub Eropa adalah klub yang memiliki prestasi terbaik di klasemen musim ini. Selain itu, klasemen sementara musim ini bisa menjadi klasemen tetap jika memang Liga Inggris akan dihentikan lebih cepat.

Liga Inggris juga bisa menggunakan opsi untuk memberikan masing-masing 1 poin per pertandingan tersisa kepada seluruh klub Liga Inggris.

Baca Juga: Walikota Liverpool bakal investigasi pertandingan Liga Champions terkait virus corona

UEFA telah memberikan rekomendasi kepada seluruh liga, termasuk Liga Inggris, untuk melakukan laga play-off jika memang diperlukan untuk menentukan perwakilan liga di kompetisi antarklub Eropa ataupun tim yang terdegradasi.

Pertandingan play-off itu nantinya bisa dilaksanakan tanpa kehadiran penonton di stadion. Dengan demikian akan terlihat siapa yang akan lolos ke Liga Champions, siapa yang akan lolos ke Liga Europa, dan siapa yang akan terdegradasi.

Akan tetapi, kepastian Liverpool mendapatkan gelar juara atau tidak masih belum jelas ketika Liga Inggris dihentikan lebih cepat. Liverpool bisa saja hanya berstatus sebagai tim yang lolos ke Liga Champions tanpa menyandang gelar juara meskipun unggul 25 poin.

Sebenarnya, entah Liga Inggris diberhentikan atau tidak, Liverpool sudah dipastikan lolos ke Liga Champions karena unggul sangat jauh. Akan tetapi, Liverpool juga bisa menyandang gelar juara jika memang Liga Inggris menetapkan mereka sebagai kampiun.

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Liverpool Juara atau Tidak, Liga Inggris Belum Bisa Pastikan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru