Kilas Kesehatan

Novel Baswedan sembuh dari Covid-19, penyidik senior KPK ini berbagi tips

Kamis, 10 September 2020 | 23:50 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Novel Baswedan sembuh dari Covid-19, penyidik senior KPK ini berbagi tips

ILUSTRASI. Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan berpose usai wawancara khusus dengan Tribunnews di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (19/6/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Novel Baswedan, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencuit di media sosial reminya, Twitter @nazaqistsha. Novel Baswedan mengabarkan kalau dia dan keluarganya sembuh dari corona atau Covid-19.

Novel mengatakan, ia dan keluarganya menjalani isolasi mandiri selama 11 hari terakhir sejak akhir bulan Agustus lalu.  Novel melakukan isolasi mandiri ia dinyatakan positif corona (Covid-19) bersama istri dan empat anaknya.

Kini, Novel Baswedan dan keluarganya sudah negatif corona  (Covid-19) berdasarkan hasil swab test.

Lantaran banyak yang bertanya kiatnya selama menjalani karantina hingga dinyatakan negatif berdasarkan hasil swab, penyidik KPK Novel Baswedan itu membagikan tips di media sosialnya. 

Novel Baswedan, lewat twitter mengatakan bahwa hal yang terpenting agar cepat sembuh adalah dengan menjaga psikis tetap tenang.

"Khawatir, takut, marah, dan sedih justru membuat imun tubuh tidak bekerja dengan efektif. Itu yang saya pahami dari beberapa dokter," ucapnya.

Tips Novel Baswedan sembuh

Tips sembuh kedua dari corona dari Novel Baswedan adalah pasien Covid-19 harus lebih banyak istirahat agar energi tetap optimal dan membuat imun tubuh bekerja dengan baik.

Ketiga, Novel Baswedan mengaku mengkonsumsi ramuan berisi herbal dan probiotik selama masa isolasi pasca dinyatakan positif Covid-19. Herbal itu antara lain kunyit, kencur yang diparut lalu diseduh air hangat dan dicampur madu.  Juga rebusan jahe yang diberi minyak kayu putih setetes," kata Novel.

Novel Baswedan juga mengaku menerima saran dokter untuk mengonsumsi beberapa , antara lain vitamin C, D, E dan Zinc selama isiolasi karena Covid.

Novel dinyatakan positif corona bersama dengan puluhan pegawai KPK lainnya.

Selama Maret hingga Agustus 2020, sudah ada 44 orang di KPK yang positif corona. KPK bahkan sempat melakukan isolasi kantor sepanjang 31 Agustus hingga 2 September. Kini pegawai KPK menerapkan karyawannya bekerja di kantor dan rumah dengan komposisi seimbang yakni 50-50.

 

Editor: Titis Nurdiana


Terbaru