Nyam... Nyam... lezatnya tom yam ITC Mangga Dua

Senin, 04 April 2011 | 09:52 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, 4 - 10 April 2011
Nyam... Nyam... lezatnya tom yam ITC Mangga Dua

ILUSTRASI. Petugas PT KAI berbicang dengan penumpang di dalam kereta api. ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc.


Tom yam, masakan ala Thailand, memang sudah populer di Tanah Air. Banyak resto yang menyediakan menu ini. Namun, bagi penggemar tom yam, tak ada salahnya mampir ke Mama Kitchen di ITC Mangga Dua. Dan rasakan keistimewaannya.

Walaupun berasal dari Thailand, tom yam sudah tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Lihat saja, sudah banyak restoran atau kedai yang menjajakan makanan bercita rasa asam-asam pedas ini. Nah, bagi Anda pecinta tom yam, ada satu tempat makan di ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, yang menyediakan masakan khas Negeri Gajah Putih. Kedai bernama Mama Kitchen ini pantas dijajal.

Walaupun terletak di ITC Mangga Dua yang terkenal sebagai pusat perdagangan pakaian, tom yam khas Mama Kitchen ini tidak kalah dibandingkan dengan masakan di restoran thailand yang eksklusif.

Tak percaya? Silakan datang dan mengudap di tempat makan yang terletak di lantai dua ini. Tepatnya, Mama Kitchen ini berada di sekitar jembatan penghubung antara Mal Mangga Dua dengan ITC Mangga Dua. Jadi, Anda bisa datang ke tempat ini melalui pintu masuk kedua di mal itu. Jika Anda masih juga bingung, jangan segan-segan untuk bertanya karena restoran ini sudah terkenal.

Di Mama Kitchen, jangan harap Anda bisa mendapatkan tempat yang nyaman. Karena restoran ini berada di pusat perbelanjaan yang ramai, maka urusan kenyamanan tentu sulit didapatkan. Selain itu, desain kedai ini juga sederhana. Untuk tempat duduk dan makan hanya tersedia meja kayu dengan bangku-bangku plastik saja.

Tetapi, jangan khawatir, karena urusan ketidaknyamanan itu akan sirna jika sudah mencium aroma tom yam yang semerbak di ruang kedai itu. Nah, dari sekian banyak makanan yang disajikan di menu Mama Kitchen, KONTAN mencicipi dua menu andalannya.

Tom yam seafood adalah pilihan yang pertama. Hanya beberapa menit setelah memesan, semangkuk tom yam sudah tersaji dengan asap masih mengepul dari dalam mangkuk. Agar lidah tak meradang kena panasnya kuah, sabar sedikit. Tunggu kuah itu sampai berwarna kekuningan. Itu pertanda kuah sudah mulai menghangat. Anda pun bisa mencicipi kelezatannya. Lebih mantap lagi kalau tom yam menjadi pengiring nasi putih menuju rongga mulut.

Tom yam seafood ala Mama Kitchen ini memang mantap. Kuahnya yang berasa asam pedas itu begitu menyegarkan. Daun ketumbar dan jeruk yang sudah tercampur di dalam kuah begitu pas mengencani lidah.

Nah, ketika Anda mencelupkan sendok lebih dalam lagi ke dalam mangkuk tom yam, Anda akan merasakan banyak potongan seafood berenang di dalamnya. Anda akan menemukan udang, kerang, cumi, dan potongan ikan tengiri. Gigit satu per satu aneka seafood itu, rasa gurih bercampur rasa asam akan berpadu dengan mantap di atas lidah Anda.

Masakan kedua adalah nasi goreng tom yam. Coba saja, nasi goreng ala Mama Kitchen juga tidak kalah lezat. Sepiring nasi goreng yang diaduk bersama telur ini pun berhias kerang, udang, dan cumi.

Rasa nasi gorengnya begitu gurih dengan rasa asam pedas seperti masakan tom yam lainnya. Oh, ya, bagi Anda pecinta rasa pedas, saat pesan masakan, jangan lupa minta tambahan cabai giling ke dalam kuah tom yam atau nasi goreng.

Tentu Mama Kitchen tak hanya menyediakan dua macam masakan itu doang. Karena, di sini juga ada tom yam ayam atau tom yam ikan asin. Bagi pecinta mi, Mama Kitchen menyediakan pula bihun tom yam seafood dan kwetiau tom yam. Untuk urusan minuman, Mama Kitchen hanya menyediakan minuman standar kedai, seperti teh manis dan es jeruk.

Memakai bumbu impor

Lantas, apa, sih, rahasia kelezatan tom yam Mama Kitchen ini? Untuk soal satu ini, Elizabeth Ellen, di empunya kedai Mama Kitchen, tidak mau banyak bicara. Ia hanya sedikit membuka rahasia, yakni salah satu bumbu yang ada di dalam sajiannya itu tidak ada di Indonesia. Ia harus mengimpor langsung dari Thailand. “Seperti kecap dan beberapa bumbu harus impor,” ujar Ellen.

Selain itu, untuk membuat rasa yang berbeda, Ellen tidak pernah menggunakan bumbu yang sudah ada di dalam kemasan. Saban pagi, ia meracikbumbu seperti daun serai, lengkuas, daun jeruk, dan asam.

Ellen juga enggan mengungkap omzet yang dia raih saban hari. “Tidak enaklah, nanti dikira sombong,” elak Ellen, merendah. Namun, berdasar pantauan KONTAN, ruang makan yang bisa menampung 15 orang itu tidak pernah kosong mulai dari jam buka hingga tutup pada sore hari. Pengunjungnya datang silih berganti.

Pengunjung restoran ini, selain orang yang belanja di ITC Mangga Dua, juga ada orang kantoran yang khusus datang untuk bersantap tom yam. Jika tertarik menyambangi kedai Mama Kitchen, Anda bisa datang mulai dari pukul 10.30 sampai dengan 17.30 WIB. Adapun harga makanan di restoran ini berkisar antara Rp 21.000–Rp 33.000 per porsi.

Mama Kitchen
ITC Mangga Dua Lt II Blok B Nomor 15, Jakarta Utara,
Telepon: (021) 6017129.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test

Terbaru