Komunitas & Hobi

Obat sakit kepala bisa menyuburkan tanaman anggrek, benarkah?

Jumat, 27 November 2020 | 14:59 WIB Sumber: Kompas.com
Obat sakit kepala bisa menyuburkan tanaman anggrek, benarkah?

ILUSTRASI. Budidaya anggrek bulan Foto: KONTAN/Daniel Prabowo


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda sedang gemar merawat anggrek? Obat sakit kepala dipercaya bisa menyuburkan tanaman anggrek, benarkah?  

Menjadikan anggrek tumbuh subur dan berbunga biasanya dilakukan dengan perawatan tanaman secara khusus, seperti memberi pupuk terbaik, rutin disiram, menjauhkan sinar matahari, dan lain-lain. 

Baca Juga: Wow! Bubuk kopi dan ampas kopi bermanfaat sebagai pupuk tanaman

Namun, siapa sangka kalau membuat anggrek subur dan berbunga bisa dilakukan menggunakan obat sakit kepala? 

Cara tak lazim tersebut nyatanya dilakukan oleh pegiat tanaman hias dan juga seorang kreator konten Youtube, Fahri Orchid. 

"Fahri kali ini mau bagi tips supaya anggrek sobat sekalian subur dan berbunga banyak. Tipsnya sangat sederhana, ini hanya memberikan anggrek obat (sakit kepala) yang sudah kadaluarsa," jelas Fahri dikutip Kompas.com dari channel Youtube Fahri Orchid & Outfit, Kamis (5/11/2020). 

Daripada membuang obat sakit kepala yang sudah kedaluwarsa, Fahri menganjurkan pecinta anggrek untuk memberikan obat kadaluarsa ke bunga anggrek yang dimiliki agar subur dan rajin berbunga. 

Tak hanya obat sakit kepala, obat lain seperti antibiotik, vitamin, obat anti mabok yang berbentuk tablet, kapsul atau serbuk juga sangat bagus untuk anggrek. 

Bukan tanpa alasan dan sembarangan. Menurut Fahri, ada hal baik yang didapat bunga anggrek ketika diberi obat sakit kepala dan maupun obat lainnya. 

"Karena di dalam obat ini ada banyak nutrisi yang bisa diserap anggrek dan memberikan efek yang bagus, sehingga angrek sobat sekalian subur dan juga berbunga banyak," jelas Fahri. 

Terkait pemberian obat ke anggrek, hal itu dapat dilakukan dengan meletakkan obat-obatan sebanyak 2-3 butir di sekitar akar anggrek. Fahri mengatakan bahwa obat tersebut nutrisinya akan diserap anggrek pelan-pelan. 

Ketika anggrek disiram, hal itu akan mengikiskan obat yang kemudian diserap oleh akar.

Untuk anggrek yang ditempelkan papan, bisa menggunakan keranjang pupuk dekastar atau kain kassa sebagai media meletakkan obat, dan diselipkan di antara akar-akar anggrek. 

"Mungkin sobat sekalian tidak pernah mengira bahwa ternyata obat kadaluarsa bisa untuk pupuk ya, jadi enggak mubazir lagi obatnya. Jangan lupa berdoa untuk pemberian obat ini," pungkas Fahri.(Abdul Haris Maulana) 

Baca Juga: Wow, kulit pisang bisa jadi menyuburkan tanaman, benarkah?

Selanjutnya: Begini cara mudah menanam daun bawang di rumah

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Obat Sakit Kepala Bisa Bikin Anggrek Subur dan Rajin Berbunga"

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru