CLOSE [X]

Odysee Education dan Ukrida Teken MoU Pengembangan Sistem Pendidikan Lewat Platform

Senin, 08 Mei 2023 | 21:46 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Odysee Education dan Ukrida Teken MoU Pengembangan Sistem Pendidikan Lewat Platform

ILUSTRASI. Dok. Odysee Education


SISTEM PENDIDIKAN - JAKARTA. Odysee Education melakukan penandanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) untuk berkolaborasi membangun sistem pendidikan Indonesia melalui platform pembelajaran digital untuk para tenaga pendidik. 

Kerja sama ini bertujuan untuk menyediakan platform digital bagi pendidik dan guru untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka melalui berbagai program pelatihan. Platform E-learning dan sertifikasi ini diharapkan akan membantu guru meningkatkan kemampuanya serta meningkatkan minat dan aksesibilitas bagi masyarakat untuk berprofesi guru.

CEO Odysee Education Benedict Christiano Alfin mengatakan, kerjasama ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dimulai dari tenaga didiknya agar dapat bersaing di pasar global.

Dia bilang, sebagai institusi yang berfokus pada pendidikan selama 30 tahun, konsultan Odysee telah membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan berkarya, mendirikan, dan memimpin sekolah-sekolah di Indonesia serta membantu sekolah-sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan melalui sistem manajemen sekolah. 

"Sebagai konsultan pendidikan, kami merasa sulit dalam mendapatkan tenaga pendidik yang sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan sekolah. Berdasarkan data statistik yang kami miliki,  Indonesia kekurangan guru hingga 1.5 juta orang. Oleh karena itu, Odysee Education hadir membangun sebuah jaringan digital tempat bergabungnya sekolah dan guru yang dapat memfasilitasi pelatihan-pelatihan." kata Benedict dalam keterangan resminya, Senin (8/5). 

Jaringan digital tersebut juga ditujukan menfasilitasirekrutmen guru ke sekolah-sekolah demi terbentuknya sebuah komunitas yang akan menstimulasi peningkatan kualitas dan pemerataan jumlah guru di seluruh Indonesia. 

Menurutnya, keterlibatan Ukrida ke dalam platform ini akan menjadi bagian penting dalam pengembangan program pelatihan guru.

Dalam penandatangan nota kesepahaman tersebut, keduanya juga membahas langkah-langkah strategis yang akan ditempuh dalam pelaksanaan kerja sama maupun potensi pengembangan rencana besar kerja sama yang nantinya akan membangun sebuah ekosistem berkesinambungan.

Wani Devita Gunardi, Rektor Ukrida berharap kerjasama tersebut dapat berkembang dengan fakultas-fakultas lainnya, sehingga tujuan Odysee Education dan Ukrida untuk mencerdaskan anak bangsa  dapat tercapai.

"Ukrida merespon dengan positif sekali kesempatan kerja sama ini dan kami percaya dengan jalinan ini kita bisa membuka peluang-peluang lain yang bisa kita manfaatkan bersama," kata dia.
 
Kerja sama telah diawali dengan Pengajuan Proposal Hibah Matching Fund 2023 yang diinisasi oleh Fakultas Ilmu Sosial & Humaniora. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru