Optimalkan Seller Center Tokopedia dan TikTok Shop, Bisnis Lore Jewellery Makin Cuan

Selasa, 01 Juli 2025 | 16:42 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Optimalkan Seller Center Tokopedia dan TikTok Shop, Bisnis Lore Jewellery Makin Cuan

ILUSTRASI. Kontan. Lore Jewellerynya


 

BISNIS PERHIASAN - Lore Jewellery adalah brand perhiasan lokal yang menjual moissanite berkualitas berlapis emas di atas perak. Menargetkan pasar luas, mereka fokus berjualan daring lewat Tokopedia dan TikTok Shop. Setelah memanfaatkan seller center yang terintegrasi, Lore merasakan banyak dampak positif.

Lienny Amanda, Lead Lore Jewellery untuk Tokopedia dan TikTok Shop, berharap integrasi dashboard seller Tokopedia dan TikTok Shop bisa memperkaya analisis performa dan mempermudah operasional harian lewat pengelolaan chat, stok, dan pesanan di satu tempat.

Setelah memakai seller center terintegrasi, Lienny puas dengan fitur chat terpusat dan pengaturan pengiriman. “Kami bisa balas dan kirim broadcast chat untuk Tokopedia dan TikTok Shop dari satu dashboard. Ini hemat waktu karena kami tangani 40–50 chat per hari. Pilihan pengiriman juga kini seragam dan beragam,” ujarnya.

Lienny tak mengalami kendala berarti saat menggunakan Tokopedia & TikTok Shop Seller Center. Ia merasa #JualanNyaman karena proses gabung dan upload produk sangat mudah. Kini, operasional lebih efisien–upload produk dari sebelumnya 30 menit per platform, kini cukup 10–15 menit untuk dua platform, dan manajemen stok bisa dilakukan sekaligus.

“Fitur di seller center Tokopedia dan TikTok Shop membantu menyederhanakan pengelolaan stok dan pesanan. Lore Jewellery punya lebih dari 1.000 SKU dengan berbagai ukuran. Fitur ini membuat pengelolaan stok lebih efisien dan meminimalkan risiko human error,” tambah Lienny.

Kontan. Lore Jewellerynya

Kontan. Lore Jewellerynya

Lore Jewellery di sisi lain juga sangat terbantu dengan fitur analisis performa produk di Seller Center Tokopedia dan TikTok Shop. Data yang diperoleh dari seller center dapat digunakan untuk merancang strategi pemasaran yang unik bagi setiap produk.

“Kami bisa melihat CTR, impression, dan klik dari satu dashboard, lalu menyusun strategi promosi berdasarkan analisis tersebut. Misalnya, gelang Athena yang punya visibilitas tinggi—data ini membantu kami merancang promosi yang lebih spesifik,” jelas Lienny.

Tantangan yang dirasakan hanyalah saat mengatur ulang strategi ads untuk Lore Jewellery. “Setelah integrasi, kami sempat khawatir performa iklan turun karena harus menyesuaikan placement untuk dua platform. Tapi setelah strategi disesuaikan, promosi justru jadi lebih mulus dan berdampak positif ke bisnis,” kata Lienny.

Sejak terintegrasi di Tokopedia dan TikTok Shop, penjualan Lore Jewellery yang berbasis di Jakarta Barat meningkat. Pada bulan pertama (April 2025), penjualan naik 15% dibandingkan sebelumnya. “Visitor, impression, dan klik juga meningkat, meski penyesuaian iklan masih berlangsung,” ungkapnya. Visibilitas produk di Tokopedia pun naik hingga 30%.

Salah satu kunci sukses Lore Jewellery meningkatkan visibilitas dan penjualan adalah lewat short video dan live streaming di TikTok. Mereka konsisten mengunggah 3–5 video per hari dan live streaming hingga 16 jam setiap hari dengan 6 host. “Meski setelah integrasi tidak wajib buat konten, kami tetap rutin melakukannya karena dampaknya besar. Live streaming menyumbang hingga 60% penjualan di TikTok Shop,” ujar Lienny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal

Terbaru