Orangtua, ini 5 cara mendidik anak agar sukses di masa depan

Kamis, 05 November 2020 | 15:53 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Orangtua, ini 5 cara mendidik anak agar sukses di masa depan

ILUSTRASI. Orang tua, ini 5 cara mendidik anak agar sukses di masa depan.


PARENTING -  Semua orangtua pastinya ingin anak tumbuh menjadi pribadi yang sukses. Ada sebuah kebanggaan tersendiri jika anak bisa meraih impian dan kesuksesan mereka. 

Selain kebanggaan untuk orangtua, anak bisa memiliki kehidupan yang lebih baik saat dewasa kelak. Karenanya, Anda perlu menerapkan beberapa pola asuh agar anak bisa meraih kesuksesan kelak. 

Berikut cara mendidik anak agar sukses di masa mendatang yang dihimpun KONTAN.co.id dari Business Insider dan Entrepreneur:

  • Mengajak anak melakukan pekerjaan rumah

Suatu saat nanti, anak akan hidup secara mandiri. Karena itu, penting untuk mereka memiliki kemampuan mengerjakan pekerjaan rumah. 

Tidak sedikit anak yang tidak bisa menyapu, mencuci piring, atau mencuci baju dengan benar. Anak yang terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah lebih bisa berkolaborasi dengan rekan kerja. 

Mereka memiliki sikap empati yang lebih baik karena tahu arti dari perjuangan. Anak juga bisa melakukan pekerjaan lebih mandiri dengan cara ini.  

Baca Juga: Present perfect tense: Definisi, rumus, dan contoh kalimat present perfect tense

  • Mendorong anak untuk bersosialisasi

Kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk kesuksesan seseorang. Agar anak tumbuh menjadi pribadi yang sukses, kemampuan ini perlu diasah. 

Dorong anak untuk ikut dengan kegiatan yang membutuhkan banyak interaksi. Ajak mereka untuk mengikuti bakti sosial atau kursus. 

  • Belajar matematika lebih dini

Selain mengasah kemampuan membaca, asah juga kemampuan matematika anak. Anak yang belajar membaca dan matematika lebih dini cenderung memiliki nilai akademik yang baik. 

Hal ini disampaikan oleh peneliti dari Northwestern University, Greg Duncan, melalui Entrepreneur. Anak-anak yang dibekali pengetahuan matematika dan membaca memiliki prestasi akademik yang baik. 

Baca Juga: Anak bosan pembelajaran daring? Yuk, ajak buah hati bermain Edugame dari Kemendikbud

  • Memberikan pujian dengan benar

Memberikan pujian bisa menambah rasa percaya diri anak. Namun demikian, Anda perlu memberikannya secara tepat.

Berikan pujian pada usaha mereka saat meraih sesuatu dibandingkan hasil yang mereka dapatkan. 

Memuji hanya pada hasil akan membuat anak lebih mementingkan hasil dibandingkan proses. Mereka bisa saja melakukan segala cara agar mendapatkan hasil yang diinginkan. 

  • Mengajarkan arti penting sebuah usaha

Penting bagi Anda untuk mengajarkan arti penting dari sebuah proses pada anak. Mereka akan lebih menghargai sesuatu jika mereka tahu apa itu usaha.

Anak-anak juga lebih menghargai orang lain dari berbagai latar belakang. Sikap toleransi sangat diperlukan saat sudah terjun di masyarakat luas. 

Mampu bertoleransi menjadi kunci anak bisa sukses saat sudah dewasa nanti. 

Selanjutnya: Kiat menjadi orang tua yang tangguh untuk keluarga dari Kemendikbud

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru