Organisasi dan lembaga di bawah naungan PBB selain WHO dan UNICEF

Selasa, 28 September 2021 | 16:03 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Organisasi dan lembaga di bawah naungan PBB selain WHO dan UNICEF


EDUKASI -  Jakarta. Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB memiliki organisasi dan lembaga yang membantu menjaga perdamaian dan kestabilan negara-negara di dunia.  

Dalam struktur organisasinya, PBB memiliki beberapa dewan. Salah satunya adalah Majelis Umum. Dewan ini setiap tahunnya membuka sidang yang dihadiri seluruh negara Anggota. 

Selain Majelis Umum, PBB juga dibantu oleh organisasi atau lembaga untuk membantu kesejahteraan dan perdamaian masyarakat dunia.

Anda mungkin mengetahui satu atau dua organisasi PBB seperti WHO, UNICEF atau UNESCO. Padahal ada banyak lembaga yang bekerja di bawah organisasi perdamaian terbesar di dunia ini.

Baca Juga: Cara download video YouTube gratis tanpa aplikasi dengan banyak pilihan resolusi

Masing-masing lembaga PBB tersebut memiliki fungsi kerjanya masing-masing. Apa saja organisasi yang dinaungi oleh PBB? Berikut organisasi di bawah naungan PBB yang dikutip dari laman resmi PBB:

  • UNICEF (United Nations Children Fund)

Kantor pusat UNICEF berlokasi di Kota New York, Amerika Serikat. Organisasi PBB ini bergerak di bidang kesejahteraan anak di dunia. UNICEF ada di 190 negara dan wilayah untuk menjamin keamanan dan hak anak-anak.

  • World Bank 

World Bank atau Bank dunia fokus pada pengurangan angka kemiskinan. Lembaga PBB ini memberikan pinjaman dengan bunga kecil pada negara-negara miskin. World Bank berkantor pusat di Amerika Serikat, tepatnya di Washington, DC. 

  • WHO (World Health Organization) 

Untuk bidang kesehatan, PBB menyerahkan tanggung jawab pada WHO. Berkantor pusat di Jenewa, Swiss, WHO mengusahakan kesehatan masyarakat dunia tetap terjaga. 

Organisasi ini berkontribusi untuk melawan dan menekan penyakit-penyakit. WHO merupakan salah satu badan khusus yang berada di bawah PBB.

Selama pandemi Covid-19, lembaga inilah yang terus memberikan informasi terbaru tentang perkembangan baik virus, vaksin, hingga informasi-informasi terkait pencegahan penyebaran virus Corona.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru