Pakai OS Android, Berikut Daftar HP BlackBerry yang Masih Bisa Digunakan

Rabu, 05 Januari 2022 | 11:55 WIB   Penulis: Arif Budianto
Pakai OS Android, Berikut Daftar HP BlackBerry yang Masih Bisa Digunakan

ILUSTRASI. Pakai OS Android, Berikut Daftar HP BlackBerry yang Masih Bisa Digunakan


BLACKBERRY - Jakarta. Menggunakan OS Android, berikut daftar handphone (HP) BlackBerry yang masih bisa digunakan. Beberapa HP BlackBerry yang menggunakan BB OS resmi dihentikan dukungannya, di sisi lain, yang menggunakan OS Android tidak terkena imbasnya.

Baru-baru ini BlackBerry mengumumkan penghentian OS besutannya untuk beberapa HP lawasnya. Tidak heran, beberapa HP BlackBerry yang masih menggunakan BB OS tak lagi mendapatkan pembaharuan atau update.

Bahkan, beberapa layanan aplikasi serta fiturnya tidak dapat digunakan lagi. Seperti layanan koneksi operator atau Wi-Fi yang tidak akan berfungsi secara andal, termasuk untuk data, panggilan telepon, SMS dan fungsi panggilan 911.

Kabar baiknya, tidak semua ponsel atau HP BlackBerry terkena imbasnya. Mengutip dari laman resmi BlackBerry, perangkat atau HP BB yang menggunakan OS atau sistem operasi Android masih berfungsi dengan baik.

HP BlackBerry yang menggunakan OS Android tidak akan terpengaruh oleh layanan EOL (End of Life) layanan infrastruktur kecuali mereka menerima email yang dikirim ke alamat yang dihosting BlackBerry. Itu disebut sebagai Enhanced Sim Based License (ESBL) atau Identify Based License (IBL).

Apakah Anda termasuk pengguna HP BlackBerry berbasis Android? Berikut daftar HP BlackBerry yang menggunakan OS Android.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Tinggal, Blackberry Setop Dukungan OS Buatannya Mulai 4 Januari 2022

Pre-launch BlackBerry Aurora dari BB Merah Putih

Daftar HP BlackBerry yang menggunakan OS Android:

Editor: Arif Budianto

Terbaru