Paket liburan seru liburan akhir tahun di Toraja

Sabtu, 15 Desember 2018 | 17:20 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Paket liburan seru liburan akhir tahun di Toraja


WISATA - JAKARTA. Punya rencana liburan akhir tahun ke Tana Toraja, Sulawesi Selatan? Siap-siap, wisatawan yang ke Toraja akan dimanjakan dengan berbagai acara seru yang menarik dengan tema Lovely December 2018.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Lovely December sangat wajib untuk didatangi wisatawan karena menjadi acara andalan di Sulawesi Selatan. "Event ini menggabungkan kekuatan seni budaya Tana Toraja dengan nama besar Lovely December. Dijamin acaranya makin paten," ujar  Arief  dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/12).

Sebelumnya, acara dimulai dengan event Getaran Sukma Ilahi, 1-9 Desember 2018. Kegiatannya berupa panggilan beribadah bagi seluruh pemeluk agama. Caranya dengan membunyikan lonceng, bedug dan gendang di rumah-rumah ibadah sebagai refleksi Getaran Sukma Ilahi. Selanjutnya ada Festival Kopi Toraja. Festival ini akan dihelat pada 8-9 Desember 2018. Lokasinya berada di Kawasan Agrowisata Pango-Pango, Tana Toraja. Ada juga kegiatan Jelajah Sepeda Wisata pada 14-15 Desember 2018.

"Pada 20-22 Desember ada Safari Natal. Acaranya berupa pertemuan masyarakat dan diaspora Toraja yang akan digelar di empat zona Kecamatan, masing-masing di Lion Tondok Iring, Bittuang, Ge'tengan Mengkendek, dan Ratte Buttu Bonggakaradeng," tambah Arief Yahya.

Kemeriahan berlanjut pada 22 Desember 2018. Pasalnya, ada kegiatan Jejak dan Jelajah Wisata One Day Trail Adventure yang dilakukan mulai dari kolam Makale dan berhenti di Buntu Burake, yang bakal membawa peserta menikmati keindahan alam Tana Toraja. Selanjutnya ada Uji Nyali Burake dan Lomba Foto Tana Toraja yang dihelat pada 23 Desember 2018. Acara ini sekaligus sebagai launching wahana Anjungan Kaca Patung Yesus Buntu Burake.

Perayaan Natal pun dijamin makin meriah karena ada Toraja Ring Road Christmas Day Toraja 100, Jelajah Alam Moxart Trail dan Diaspora Toraja 100 yang digelar bersamaan pada 26 Desember. Puncak acara akan digelar pada 28 Desember 2018 di Taman Rakyat Kolam Makale. Acara ini akan dibarengi oleh Natal Oikumene. Wisatawan juga akan diajak seru-seruan di Colour Run Toraja. Sebuah event yang menggabungkan olahraga lari dengan asiknya bermain tepung beraneka warna yang digelar di Makale pada 29 Desember 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru