Pameran Filateli Dunia, Indonesia Berhasil Raih 10 Medali Emas

Rabu, 10 Agustus 2022 | 06:35 WIB   Reporter: Aris Nurjani
Pameran Filateli Dunia, Indonesia Berhasil Raih 10 Medali Emas

ILUSTRASI. Pameran filateli World Stamp Championship and Exhibition Indonesia.


PAMERAN - JAKARTA. Indonesia berhasil meraih 10 medali emas dalam agenda World Stamp Championship and Exhibition Indonesia yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (8/8).

Kegiatan World Stamp Championship and Exhibition Indonesia sekaligus memperingati 77 tahun Indonesia Merdeka dan 100 tahun usia perkumpulan filateli se-Indonesia.

Dalam acara tersebut memperebutkan medali dan penghargaan khusus dalam 13 kelas koleksi filateli yang dipertandingkan.

Sebanyak lebih dari 500 kolektor dari 65 negara anggota filateli dunia ikut bertanding di acara tersebut.

“Jadi lomba filateli ini dinilai oleh 42 juri, dan terdapat 61 negara yang berpartisipasi dalam acara ini dengan jumlah peserta lebih dari 500 dari berbagai negara, kemudian ada 2084 frame yang nanti akan kita lihat bersama-sama,” kata Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen Dunia (BKSAP) DPR RI sekaligus Ketua Umum Perkumpulan FIlatelis Indonesia (PFI) Fadli Zon.

Fadli mengatakan, yang menjadi penilaian dalam World Stamp Championship and Exhibition Indonesia berasal dari sisi kelangkaan, koleksi cerita, narasi serta knowledge tentang filateli sendiri.

"Indonesia berhasil meraih 10 medali emas dan menjadi peraih penghargaan terbanyak dan peserta terbanyak yang mengikuti World Stamp Championship and Exhibition Indonesia, baru juara selanjutnya ada dari Jepang, Thailand dan beberapa negara lain," ujar Fadli.

Baca Juga: Perum Peruri Pamerkan Prangko Hybrid di World Stamp Championship Indonesia 2022

Dia pun berharap dengan adanya pameran filateli dunia kali ini akan menarik dan menggerakkan generasi muda Indonesia.

"Dengan hadirnya pameran filateli ini di tengah era digital tetapi hobi ini dapat menarik generasi muda, melatih ketelitian, kejujuran dan lain-lain," ujar Fadli

Menurut Fadli yang paling penting kedepannya dapat untuk pembinaan karakter bangsa, serta bermanfaat untuk menjadi diplomasi dimana menghubungkan antar bangsa dan negara.

Ketua Pelaksana Indonesia2022 Mahpudi Sukirman mengatakan, sebanyak 61 negara ikut berpartisipasi di dalam acara tersbeut mengetengahkan 13 kelas kompetisi yang memiliki ciri khas masing-masing dan menghadirkan 506 koleksi dengan 2084 frame.

"Indonesia merupakan peserta terbanyak dan berhasil meraih 10 mendali emas diantaranya berasal dari Postal History, Tematik, Literatur Filateli dan Postal Stasionery, Serta Pak Fadli Zon berhasil meraih 3 medali Emas," ucapnya.

Dia berharap dengan World Stamp Championship and Exhibition Indonesia dapat memotivasi generasi muda untuk mencintai filateli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru