Pamor game streaming makin tinggi, Gox gandeng Tencent Cloud

Selasa, 11 Januari 2022 | 07:00 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Pamor game streaming makin tinggi, Gox gandeng Tencent Cloud


ESPORTS - JAKARTA. Pemain game online dan esport makin membludak sejak pandemi lalu. Ini menjadi alasan Gox, penyedia platform streaming game di Indonesia mengumumkan kerja sama dengan Tencent Cloud. 

Kolaborasi ini itu untuk menawarkan solusi livestreaming dan esports guna menjadi bagian dari pasar hiburan yang semakin besar di Indonesia dan Asia. Kontrak kerja sama ini akan berjalan selama empat tahun ke depan. 

Founder GOX, Jack Lontoh mengatakan, melalui kolaborasi ini pihaknya yakin dapat mempercepat pertumbuhan GOX sembari memastikan stabilitas kualitas layanan streaming terbaik. Ketika COVID-19 melanda pada awal 2020, pengguna aktif GOX telah berkembang lebih dari 16 kali, diuntungkan dari adanya pembatasan sosial, karena semakin banyak orang mulai berkegiatan secara online.

GOX juga telah memposisikan diri untuk memanfaatkan gelombang awal orang-orang yang beralih ke streaming sebagai pekerjaan utama mereka. "Saat pandemi berlanjut dan industri game semakin berkembang, GOX hanya akan fokus menjadikan streaming sebagai profesi yang memadai," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (10/1).

Kesepakatan tersebut dibuat di tengah meningkatnya pasar esports yang menurut The Business Research Company diperkirakan akan memiliki nilai pasar global mencapai US$ 2,89 miliar pada tahun 2025 dengan rata-rata pertumbuhan tahunan (CAGR) sebesar 23%. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Gaming Indonesia juga menunjukkan bahwa sektor game lokal telah tumbuh sebesar 37% per tahun. Ini menunjukkan pesatnya pertumbuhan sektor game dan sektor esports yang cukup besar di Indonesia. 

Senior Vice President Tencent Cloud International, Poshu Yeung, mengatakan Tencent Cloud terus menekankan komitmennya untuk memenuhi tuntutan yang terus berkembang. 

Di masa depan, GOX akan terus membuka ruang kolaborasi yang lebih dalam dengan Tencent Cloud mengenai fitur platform yang lebih interaktif dan kolaborasi sumber daya, untuk memberi manfaat bagi pemirsa dan para streamer. Tencent Cloud berkomitmen untuk menawarkan layanan teknologi yang stabil, cepat, dan berkualitas tinggi kepada perusahaan game & hiburan, yang berkontribusi pada daya saing para mitranya di pasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru