Panduan Cara Cancel Update iOS Terbaru untuk Pengguna iPhone

Sabtu, 21 September 2024 | 06:38 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Panduan Cara Cancel Update iOS Terbaru untuk Pengguna iPhone

ILUSTRASI. Ilustrasi iPhone. REUTERS/Evgenia Novozhenina


IPHONE - JAKARTA. Simak cara cancel update iOS terbaru untuk pengguna iPhone. Terkadang, pengguna iPhone mungkin ingin membatalkan pembaruan iOS yang sedang berlangsung karena berbagai alasan.

Pengguna keterbatasan kuota internet, gangguan teknis, atau ingin menunda proses pembaruan hingga waktu yang lebih sesuai.

iOS memiliki varian terbaru setiap tahunnya untuk memaksimalkan penggunaan perangkat iPhone terkini. Biasanya, pembaruan sistem biasanya membawa perbaikan fitur dan keamanan, ada kalanya pembaruan tersebut tidak diinginkan pada saat tertentu.

Terlebih lagi, iOS 18 baru saja dirilis sebagai salah satu iOS dengan kompatibel terbanyak saat ini, termasuk iPhone XR dan XS.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Aplikasi di iPhone, Fitur ini Tersedia di iOS 18

Pembaruan iOS tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan kapasitas memori yang cukup. Untungnya, Apple memberikan opsi bagi pengguna untuk menghentikan atau membatalkan pengunduhan dan instalasi iOS yang sedang berjalan. 

Cek Riwayat Update iOS

Penampakan iOS 18

Apabila pengguna tidak sengaja untuk mengunduh update iOS, Anda dapat memantau progres pengunduhan dengan mudah.

Pertama, periksa status pembaruan dengan pergi ke Settings > General > Software Update. Jika di sana tertulis "Update Requested," restart iPhone, dan ini seharusnya membatalkan pembaruan.

Namun, jika pembaruan sedang diunduh atau sudah diunduh dan dalam proses persiapan, ikuti langkah-langkah berikut untuk segera membatalkannya.

Cancel update iOS dari bagian unduhan

Pengguna bisa menerapkan langkah mudah untuk cancel update iOS terbaru seperti iOS 18.

  • Buka Settings iPhone dan ketuk General.
  • Ketuk iPhone Storage.
  • Setelah layar ini muncul, gulir ke bawah, temukan dan ketuk file pembaruan iOS.
  • Ketuk Delete Update dan konfirmasi bahwa ingin menghapusnya.

Pengguna yang telah berhasil menghentikan pengunduhan lebih lanjut dari pembaruan iPhone atau iPad setelah pembaruan dimulai.

Sekarang, saat pengguna kembali ke layar Software Update, pengguna akan melihat bahwa opsi untuk Download and Install pembaruan terbaru kembali tersedia.

Hal ini karena pembaruan yang sedang berlangsung sebelumnya dibatalkan setelah menghapus file pembaruan yang telah diunduh sebagian atau sepenuhnya.

Atur Update iOS dengan WiFi atau Seluler

Jika pengguna ingin memutuskan untuk memperbarui perangkat di kemudian hari. Buka ke Settings > General > Software Update dan ketuk Download and Install.

Begitulah cara pengguna bisa mencegah pembaruan iPhone yang sedang berjalan dari menyelesaikan pengunduhan dan penginstalan.

Nah, pengguna juga bisa mematikan Wi-Fi untuk menghentikan pengunduhan pembaruan iOS. Namun, sekarang Apple mengizinkan pengunduhan sebagian besar pembaruan iOS menggunakan jaringan seluler.

Sehingga, Anda bisa mematikan Wi-Fi, pengunduhan mungkin akan dimulai menggunakan data seluler (tetapi biasanya akan muncul notifikasi pop-up saat pertama kali mencoba mengunduh pembaruan iOS melalui jaringan seluler).

Itulah penjelasan terkait cara cancel update iOS terbaru untuk pengguna iPhone yang bisa diterapkan sesuai kebutuhan.

Selanjutnya: Jadwal MPL S14 Week 7 Day 2 (21/9), Nantikan Pertandingan Seru Derby Klasik Leg 2

Menarik Dibaca: Promo JSM Alfamart Periode 20-22 September 2024, Popok Anak Diskon sampai Rp 17.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru