Lemari pendingin dua pintu di kanan dan kiri atau ngetren dengan sebutan kulkas side by side merupakan salah satu perabot elektronik premium. Harganya saja tidak murah. Mulai dari Rp 10 juta hingga di atas Rp 30 juta per unit.
Melihat harga yang relatif tinggi ini membuat konsumen kulkas ini tergolong terbatas malah terbilang sangat kecil. "Porsinya tidak sampai 5% dari seluruh pasar kulkas di Indonesia, paling hanya 2% - 3%," kata Budi Setiawan, Direktur Penjualan PT LG Electronics Indonesia.
Meski pasar kulkas high end ini imut, LG justru melihat ada peluang pasar. Pasalnya, harga jual produk ini yang tidak murah bakal menjanjikan margin keuntungan yang lumayan besar. Sudah begitu, pabrikan elektronik yang terjun di pasar kulkas premium ini bisa dihitung dengan jari. "Jadi peluang menjadi pemimpin di segmen ini masih terbuka sangat lebar, karena persaingan tidak ketat," kata Budi.
LG memang tidak setengah-setengah untuk terjun di bisnis kulkas premium ini. Menurut Budi, LG sengaja menawarkan kulkas side by side dengan harga yang relatif tinggi, yakni paling murah Rp 20 juta.
Rupanya, pabrikan asal Korea Selatan ini sengaja ingin mengangkat citra kulkas LG sebagai produk premium. "Namun, kami tidak cuma asal mahal tapi juga menjual kualitas. Fitur dari kulkas side by side kami lebih inovatif," klaim Rudi.
Salah produk andalan LG adalah Shine. Shine yang dibanderol lebih dari Rp 30 juta ini memiliki keunggulan antibakteri. Selain itu, kulkas ini punya kompartemen penyimpanan yang memiliki teknologi yang diklaim mampu memberi kesegaran dan perlindungan kesehatan bagi para penggunanya.
Nah, kehadiran Shine dan produk kulkas LG premium yang lainnya Budi harapkan bisa memberi kontribusi penjualan hingga 40% dari total penjualan produk elektronik premium LG lainnya.
Sharp siap beraksi
Tampaknya produk kulkas premium bakal menjadi salah satu senjata produsen elektronik untuk mengangkat citra perusahaan sebagai salah satu pemain di pasar premium. Akhir tahun lalu, PT Samsung Electronics Indonesia sudah meluncurkan kulkas Samsung RS-26MBZBL.
Polytron juga tak mau ketinggalan. Public Relations and Marketing Event Manager PT Hartono Istana Teknologi, Santo Kadarusman, mengatakan, Polytron menargetkan penjualan kulkas premium tumbuh 10%-15% tahun ini.
Sementara itu, untuk menggaet konsumen kelas atas, PT Sharp Electronics Indonesia juga mulai beraksi. Tahun ini Sharp akan meluncurkan seri terbaru kulkas Queen Series. "Produk kulkas terbaru bakal meluncur di pasar Juni ini," kata Andry Adi Utomo, Manajer Umum PT Sharp Electronics Indonesia. Kulkas premium terbaru dari Sharp ini akan tampil lebih glamor dengan warna gelap.
Produk andalan Sharp ini, termasuk tipe Queen yang lawas mengandalkan teknologi yang mendukung gaya hidup sehat. "Salah satunya memiliki teknologi plasmacluster dan hemat listrik," kata Andry.
Nah, Sharp berharap kehadiran seri Queen teranyar nanti mampu menyumbang target penjualan kulkas Sharp tahun ini. Andry bilang, penjualan kulkas premium tahun ini bisa mencapai 1.250 unit per bulan. Artinya meningkat 25% dari tahun lalu yang hanya menjual rata-rata 1.000 unit per bulan. Sharp membanderol harga kulkas premium per unit mulai dari Rp 9 juta hingga Rp 30 juta.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News