Pasar sedan mini tidak sekecil kelasnya

Kamis, 19 April 2012 | 08:10 WIB Sumber: Harian KONTAN, 19 April 2012
Pasar sedan mini tidak sekecil kelasnya

ILUSTRASI. Costumer Service melayani nasabah di kantor cabang BCA Tangerang Selatan, Jumat (17/4). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/17/04/2020.


Meski masuk kategori mini, bukan berarti pasar sedan mini sekecil kelasnya. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, penjualan sedan mini sepanjang Januari hingga Maret 2011 mencapai 1.514 unit. Atau, mencaplok 37% dari total penjualan sedan di Indonesia yang 4.130 unit. Di tambah penjualan untuk taksi, angka itu bertambah menjadi 5.939 unit.

Tak heran, pemain di segmen sedan mini sangat banyak. Salah satunya adalah Ford Motor Indonesia yang meluncurkan All-New Fiesta pada 9 Maret 2012 lalu. “All-New Fiesta mendefinisikan ulang arti dari yang terdepan di kelasnya, segmen mobil kecil," ujar Bagus Susanto, Managing Director Ford Indonesia.

All-New Fiesta hadir dengan desain kinetik yang menarik dan fitur-fitur yang diklaim produsennya premium. Sedan mini jagoan produsen mobil asal Amerika Serikat itu punya dua model, yakni 1.4L Fiesta Trend dengan transmisi manual dan 1.6L Fiesta Sport bertransmisi otomatis PowerShift. Harga jualnya masing-masing adalah Rp 214,75 juta dan Rp 244,25 juta per unit. "Penjualan All-New Fiesta sejauh ini 46 unit," ungkap Bagus.

Sehari sebelum All-New Fiesta meluncur, Proton Edar Indonesia meramaikan pasar sedan mini di Tanah Air dengan merilis Gen2 Style dan Sporty. Pembuat mobil dari Malaysia ini melakukan perubahan minor alias facelift pada Gen2. "Gen 2 merupakan salah satu produk andalan kami bagi konsumen yang menginginkan sedan dengan fungsionalitas tinggi," kata Nemati Hapsari, Marketing Communication Public Relation Proton.

Kehadiran Gen2 Style dan Sporty sekaligus merupakan edisi khusus untuk memperingati lima tahun Proton di Indonesia. Harga on the road Jakarta untuk Gen2 transmisi manual sebesar Rp 151 juta per unit dan transmisi otomatis Rp 161 juta.

Sebagai raja pasar sedan mini, Toyota Astra Motor bersama jagoannya New Vios tak gentar dengan kemunculan model-model baru. Widyawati Soedigdjo, General Manager Marketing Toyota Astra, New Vios bisa kembali menjadi kampiun tahun ini. Penjualannya sampai Maret mencapai 2.422 unit, dengan pangsa pasar sekitar 72%. Angka ini sudah termasuk penjualan New Vios (Limo) untuk taksi yang sebesar 1.809 unit.

Penjualan City masih nol

Tahun lalu, penjualan New Vios sebanyak 9.375 unit, dan menjadi market leader dengan pangsa sebesar 64% dari total penjualan sedan mini nasional yang 14.712 unit. Harga New vios mulai Rp 216 juta - Rp 262 juta.

Sementara, Honda Prospect Motor harus menghadapi kenyataan pahit di kelas sedan mini. Penjualannya selama tiga bulan pertama tahun 2012 masih nol besar. "Penjualan kami masih terimbas banjir di Thailand sehingga tidak mencatat penjualan Honda City hingga Maret tahun ini," jelas Yulian Karfili, Public Relations Manager Honda Prospect Motor.

Hanya, tahun lalu penjualan City mencapai 1.636 unit. Yulian bilang, sedan merupakan pasar yang sangat segmented di Indonesia. Makanya, penjualannya tidak sebesar kelas mobil keluarga atawa multi purpose vehicle (MPV) atau sedan tanpa buntut alias hatchback. Namun, kelas sedan mini merupakan pasar terbesar di antara kelas sedan lainnya.

Nah, untuk menggenjot penjualan City, Honda akan melakukan penyegaran. Sayang, Yulian belum mau berbagi apa yang baru pada City, dan kapan persis waktu peluncurannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari
Terbaru