Pecahkan rekor, sneakers langka Nike Moon Shoe laku Rp 6,12 miliar

Sabtu, 27 Juli 2019 | 05:50 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Pecahkan rekor, sneakers langka Nike Moon Shoe laku Rp 6,12 miliar


SNEAKERS -JAKARTA. Pecah! Rekor harga baru tercipta untuk sepasang sneakers dalam lelang di Shotheby’s.  Kolektor pemenang lelang mau mengeluarkan duit US$ 437.500. Nilai ini  sekitar Rp 6,12 miliar dengan kurs Rp 14.000 per dolar Amerika Serikat (AS).

Sneakers apa sih sampai harganya Rp 6,12 miliar? Ini adalah sepasang sepatu keluaran Nike tahun 1972 edisi  'Moon Shoe'.  Edisi Moon Shoe dirancang khusus oleh salah satu pendiri Nike yakni Bill Bowerman.  Awalnya, sepatu ini dibikin oleh pelari untuk  uji coba Olimpiade tahun 1972.

Baca Juga: Nike tetap investasi pabrik di Arizona walau pemerintah setempat membatalkan insentif

Guys, asal tahu saja, penjualan itu memecahkan rekor sebelumnya untuk sepasang sepatu Converse seharga US$190.373 atau Rp 2,7 miliar . Sempat dipakai pebasket Michael Jordan dalam pertandingan final basket di Olimpiade 1984, sepatu converse mahal berharga miliaran ini juga dibubuhi tandatangan  Jordan.

Dalam rilisnya, Sotheby's menyebut kalau  harga sneakers Nike tersebut jauh di atas prediksi. Para ahli lelang semula hanya memprediksi sepatu langka ini akan terjual harga US$ 160.000 atau sekitar Rp 2,2 miliar.

Lantas siapa yang rela merogoh kocek lebih dari Rp 6 miliar? Ia adalah  Miles Nadal. Ia adalah kolektor asal Kanada yang akhirnya membawa pulang Moon Shoe.  

Nadal mengaku Moon Shoe akan melengkapi koleksi sepatunya langkanya yang kini sudah berjumlah 99 sepatu. “Saya gembira bisa mendapatkan Nike Moon Shoe, sepatu langka,” ujar Nadal seperti dikutip AFP (25/7).

Nadal mengaku akan memamerkan koleksi sepatu langkanya di museum pribadinya di Toronto, Kanada. Di antara yang akan dipamerkan adalah sepatu ikonik yang pernah dipakai Marty McFly dalam film Back to the Future II.

Baca Juga: Nike merilis aplikasi pemindai kaki untuk konsumen

Global Head of eCommerce Sotheby's, Noah Wunsch mengaku happy dengan hasil lelang ini. Maklum, Moon Shoe menjadi rekor baru dalam lelang sepatu Sotheby’s yang menjual 100 sepatu paling langka yang pernah dibuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Titis Nurdiana

Terbaru