MENGEMBANGKAN DIRI - Salah satu skill yang banyak dibutuhkan di dunia kerja adalah manajemen waktu. Karenanya pelajar perlu mempersiapkan diri dengan melatih kemampuan ini.
Manajemen waktu, melansir dari Indeed.com, memiliki beragam manfaat. Manfaat tersebut bisa dirasakan tidak hanya pada diri sendiri tapi juga hal-hal lainnya.
Dengan manajemen waktu yang tepat, Anda bisa lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Anda juga bisa memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas lainnya.
Orang yang memiliki kemampuan ini bisa bekerja lebih efektif dan cepat meski dalam tenggat waktu yang sedikit.
Yuk simak cara meningkatkan kemampuan manajemen waktu di bawah ini. Informasi ini dihimpun KONTAN.co.id dari Indeed.com dan Recruiter.com.
-
Kerjakan tugas sedini mungkin
Segera kerjakan tugas atau pekerjaan rumah sedini mungkin. Cara ini bisa menanggulangi kebiasaan untuk menunda.
Jika tersu menunda-nunda, akhirnya Anda menjadi malas untuk mengerjakan sesuatu. Imasnya tentu Anda akan kerepotan saat tenggat waktu sudah dekat.
Baca Juga: JIS buka beasiswa untuk siswa seluruh Indonesia, ini persyaratannya
-
Membuat batasan-batasan
Jika Anda aktif dalam berorganisasi, coba batasi tugas yang Anda ambil. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan manajemen waktu.
Sering karena merasa segan, siswa menerima semua tugas dari organisasi. Hal ini akan memakan waktu cukup banyak. Imbasnya, mereka kesulitan dalam memanajemen waktu dengan baik.
Ada baiknya untuk memilih tugas mana yang paling penting. Tidak usah takut untuk menolak tugas dari organisasi.
-
Menulis jadwal
Salah satu pentingnya memiliki kemampuan manajemen waktu adalah tugas bisa terselesaikan dengan baik.
Caranya adalah dengan menyusun jadwal. Tulis seluruh tugas sekaligus tenggat waktunya agar Anda mudah mengerjakannya.
Dengan jadwal tersebut, Anda bisa memilih tugas mana yang perlu dikerjakan pertama kali.