Pelindo III Gelar Turnamen Catur

Selasa, 07 Agustus 2018 | 22:12 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Pelindo III Gelar Turnamen Catur

ILUSTRASI. PELABUHAN TANJUNG PERAK


PELINDO III - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) menyelenggarakan kegiatan olahraga catur Tingkat Nasional. Komitmen tersebut diwujudkan dengan penyelenggaraan Turnamen Catur Cepat G-25 yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 sampai 15 Agustus 2018 di Grha Varuna Convex, Surabaya.

CEO Pelindo III, Ari Askhara mengatakan penyelenggaraan lomba catur skala nasional ini bertujuan untuk mendorong generasi muda Indonesia terutama pelajar untuk mencintai catur dan belajar strategi melalui permainan catur.

“Dengan kegiatan ini tentunya generasi muda dapat lebih menyalurkan talenta yang dimiliki sehingga diharapkan dapat menjaring bibit-bibit baru pecatur muda yang potensial yang dapat bersaing di laga internasional,” ujar Ari Askhara.

Menurut Ari, olah raga catur mengajarkan kita bagaimana menyerang, mengatur strategi, memprediksi langkah lawan, berani berspekulasi yang diperhitungkan. Selain itu, kata Ari, permainan ini juga dapat mengetahui strategi yang digunakan lawan dalam setiap permainan, sehingga membuat mereka memiliki referensi, dan cara-cara mematikan pergerakan lawan. “Namun dalam catur ada kejujuran dan fair play, untuk bisa memenangkan permainan, tetap harus mengikuti peraturan yang ada,” tuturnya.

Dalam turnamen catur yang bertajuk Pelindo III Cup ini, Pelindo III dan BJTI PORT, menjadi sponsor utama turnamen ini, berkolaborasi dengan Percasi Kota Surabaya, dengan mengundang beberapa tokoh catur nasional untuk membuka turnamen yang berhadiah total Rp 70 juta.

Direktur Utama BJTI PORT, Hot Rudolf Marihot menyampaikan turnamen ini nanti menggunakan sistem Swiss Manager 7 babak dengan pembagian peserta menjadi tiga kategori, yaitu Kategori Senior, Kategori Pelajar SD kelas 1-3, dan Kategori Pelajar SD kelas 4-6. Adapun biaya pendaftaran untuk senior sebesar Rp 30 ribu, junior Rp 20 ribu (maksimal kelas 6 SD), junior domisili Surabaya gratis, peserta bergelar MI/GM gratis.

"Ini langkah awal Pelindo III dan BJTI PORT, untuk memajukan cabang olah raga catur, sehingga tidak menutup kemungkinan bila event ini sukses maka turnamen ini dapat menjadi agenda rutin Percasi Surabaya. Karena dengan diselenggarakannya event seperti ini bisa membina atlet muda untuk dapat mengasah kemampuan serta menambah jam terbang dan pengalaman menghadapi pecatur-pecatur muda dari daerah lain," tutur Hot.

Ia berharap, turnamen olah raga catur nantinya dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Menurutnya, banyak filosofi yang bisa diambil dari permainan catur, ketika mereka bekerja menyelesaikan pekerjaan, khususnya pekerjaan strategis di perusahaan. "Makanya ini olah raga yang bukan sekedar mengeluarkan energi tapi juga menggunakan energi otak," pungkasnya dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (7/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Agung Jatmiko

Terbaru