Pembalap Formula 1 Max Verstappen Jadi yang Tercepat di Grand Prix Abu Dhabi

Senin, 27 November 2023 | 06:55 WIB Sumber: Reuters
Pembalap Formula 1 Max Verstappen Jadi yang Tercepat di Grand Prix Abu Dhabi

ILUSTRASI. Tim Red Bull Racing berhasil memenangi seri pembuka balap Formula 1 2023 di Grand Prix Bahrain yang berlangsung pada tanggal 5 Maret 2023 di Bahrain International Circuit, Sakhir, Bahrain.


FORMULA 1 - ABU DHABI. Juara dunia tiga kali dari Red Bull Max Verstappen menutup tahun dominasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan kemenangan ke-19 dari 22 balapan di Grand Prix Abu Dhabi, Minggu (26/11).

Kemenangan pole-to-flag, untuk tahun keempat berturut-turut di bawah lampu sorot Yas Marina, membuat pembalap berusia 26 tahun itu berada di posisi ketiga dalam daftar pemenang sepanjang masa di Formula Satu dengan 54 kemenangan dalam karirnya.

Hanya tujuh kali juara Lewis Hamilton (103) dan Michael Schumacher (91) yang memiliki jumlah kemenangan lebih banyak.

Baca Juga: Honda Antar Max Verstappen Raih Gelar Juara Dunia F1 Tiga Kali Berturut-Turut

Sergio Perez dari Red Bull finis di posisi kedua, namun penalti lima detik setelah balapan membuat pembalap asal Meksiko ini turun podium. Di belakang Charles Leclerc dari Ferrari dan George Russell dari Mercedes.

"Ini adalah musim yang luar biasa," kata Verstappen, yang juga menjadi pembalap pertama yang memimpin 1.000 lap balap dalam satu kejuaraan dan mencetak rekor 575 poin.

"Sedikit emosional saat in-lap, itu adalah terakhir kalinya saya duduk di dalam mobil yang tentu saja memberi saya banyak hal," katanya.

"Akan sulit untuk melakukan hal serupa lagi, namun kami sangat menikmati tahun ini."

Baca Juga: Tim Red Bull Racing Honda Raih Kemenangan Beruntun ke-11 Kali di Musim Balap F1 2023

Mercedes mengakhiri musim tanpa kemenangan pertama mereka sejak 2011 sebagai yang terbaik dari yang lain di belakang juara bertahan Red Bull, yang mencetak 860 poin dari 409 poin milik Mercedes dan 406 poin milik Ferrari.

McLaren mengamankan posisi keempat secara keseluruhan, unggul 22 poin dari Aston Martin, dengan Lando Norris berada di urutan kelima dan rekan setimnya yang merupakan pembalap pemula asal Australia, Oscar Piastri, berada di urutan keenam.

Fernando Alonso dari Aston Martin finis di urutan ketujuh, memenangkan pertarungan ketat dengan Leclerc, Norris, dan Carlos Sainz dari Ferrari untuk menempati posisi keempat secara keseluruhan di kejuaraan, dengan Yuki Tsunoda dari AlphaTauri berada di urutan kedelapan.

Tsunoda memimpin balapan untuk pertama kalinya, selama lima lap setelah Verstappen dan Leclerc beradu cepat di lap ke-17 dan 18, memberikan perpisahan yang indah untuk bos tim AlphaTauri yang sudah pensiun, Franz Tost.

Baca Juga: Musim Balap F1 2023, Honda Lanjutkan Kemitraan Teknis dengan Red Bull Group

Poin tersebut masih belum cukup untuk menyalip Williams di peringkat ketujuh secara keseluruhan.

Hamilton berada di urutan kesembilan dan Lance Stroll dari Kanada meraih poin terakhir untuk Aston Martin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru